Resmi Dilantik, DPD PKS Kota Malang Optimis Tingkatkan Keterlibatan Milenial Untuk Pembangunan

Feb 21, 2021 14:40
Para pengurus PKS Kota Malang berfoto disela pelantikan (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Para pengurus PKS Kota Malang berfoto disela pelantikan (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Ketua DPW Irwan Setiawan dan Ketua DSW Dr KH Muhammad Ajir Abdi Moenip Lc MA, melantik sejumlah pengurus Dewan Pimpinan Tingkat Daerah 38 Kabupaten atau Kota se-Jawa Timur secara serentak. Termasuk di dalamnya adalah pelantikan kepengurusan Majelis Pertimbangan Daerah (MPD), Dewan Pimpinan Daerah (DPD), dan Dewan Etik Daerah (DED) Partai Keadilan Sejahtera Kota Malang. Pelantikan dilakukan hari ini, Minggu (21/2/2021) di Gedung DPRD Kota Malang.

Dalam pelantikan pengurus itu, Ketua DPD PKS Kota Malang Ernanto Djoko menjelaskan, dalam pelantikan kepengurusan tersebut, PKS turut melibatkan kalangan mileneal. Bahkan jumlah porsinya cukup besar, yakni sekitar 50 persen. Selain itu, pelantikan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, efektivitas kinerja dan kaderisasi dalam kepengurusan partai.

“Pelantikan ini bukan hanya untuk rutinitas organisasi lima tahunan,” katanya.

Namun juga untuk penyegaran pengurus dengan tujuan dapat mendukung sumber daya manusia (anggota partai) yang profesional serta membangun citra positif partai di tengah masyarakat. Intinya, dalam kepengurusan tersebut diharapkan dapat membawa PKS Kota Malang mencapai target dan arah kebijakan partai yang telah dicanangkan.

Kemudian membawa kemajuan, manfaat yang luas, memberi kontribusi dan pelayanan terhadap masyarakat Kota Malang, seperti tagline PKS yaitu ‘Bersama Melayani Rakyat’ dan tagar #pkspelayanrakyat.

Kelima Anggota DPRD PKS Kota Malang dari Fraksi PKS masuk ke dalam kepengurusan yang dan ikut dilantik hari ini. Ia adalah Asmualik sebagai Kabid Bidang Pemenangan Pemilu dan Pilkada, Bayu Rekso Kabid Bidang Pemberdayaan Jaringan Ekonomi, Rokhmad Kabid Bidang Pekerja Petani dan Nelayan, dan Ahmad Fuad Rahman Kabid Bidang Hukum dan Kebijakan Publik. Kemudian yang sebelumnya telah dilantik Trio Agus sebagai Sekretaris DPD PKS Kota Malang.

Pelantikan kepengurusan ini juga merupakan amanat musyawarah daerah ke V yang telah digelar pada bulan desember tahun lalu untuk menyusun kepengurusan PKS Kota Malang periode 2020-2025. Pelantikan kepengurusan ini juga merupakan suatu kebutuhan untuk menjawab berbagai tantangan yang harus dihadapi PKS Kota Malang.

Semangat tagline bersama melayani rakyat di mana dirumuskan menjadi sebuah kata Asyik, menjadi sebuah misi yang juga akan dicapai. Dalam setiap huruf yang tersusun dalam kata Asyik mempunyai arti tersendiri. 

Kualitas dari A, dimana artinya anggota harus bertambah, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Huruf S bermakna harus bertambah suara dengan tambahan anggota. Lalu huruf Y, yang bermakna yuk bersama melayani rakyat. Hal ini menjadi sebuah tagline bersama melayani rakyat.

Kemudian, huruf I, idealkan manajemen partai. Disinilah partai kemudian mengambil SDM dari kaum muda  dari tingkat kecamatan hingga ranting. Lalu untuk K, adalah kita berusaha untuk mensukseskan pemenang kepala daerah dalam kontesisasi pemilu.

Lebih jauh dia menerangkan jika pada Pemilu 2019, hampir 50 persen pemilih PKS adalah anak muda. Sehingga, pada Pemilu 2024 PKS ingin menangkap suara pemilih PKS dari kalangan anak muda yang semakin besar. Oleh karena itu dalam kepengurusan Kabinet Asyik, DPD PKS Kota Malang periode 2020-2025 siap berkolaborasi bersama anak muda untuk menjadikan anak muda subjek politik bukan objek politik.

Selain itu, upaya mendorong para generasi muda terlibat aktif dalam aktualisasi diri dan berkarya di Bidang Kepemudaan, dimana Kabidnya adalah Fikri Ghifari berusia 26 tahun dan anggota termudanya Alif Sakti usianya baru 22 tahun terus dilakukan.

"Anak muda cenderung sulit. Makanya kita langsung datangi mereka, kita rangkul dan  penokohan dari tim bidang kepemudaan akan menjaring tokoh pemuda aktivis maupun lainnya, kita serap aspirasi, bila perlu Kota Malang jadi percontohan," jelasnya.

Kabid Bidang Hukum dan Kebijakan Publik Ahmad Fuad Rahman menambahkan, jika pihaknya telah mempunyai strategi untuk merawat dan menarik kaum muda menjadi kader PKS. Saat ini, PKS menjadi partai anak muda. Dalam tubuh PKS terdapat sosok anak muda yang kini telah menasional seperti dr Gamal.

Dengan ikon anak muda pada dr Gamal, tentunya diharapkan bisa menjadi stimulus pada generasi muda untuk tertarik dan masuk dalam dunia politik. Selain itu, dalam upaya perawatan jaringan kader muda, secara nasional, telah dibuat Konten Kreatif Akademi. Di sana, para generasi muda diajarkan dan diajak menjadi seorang konten kreator yang bisa berinovasi dan menunjukan kreativitas mereka. Ujung dari itu, tentunya nantinya akan terdapat sebuah kompetisi untuk semakin memacu kreativitas para kader muda.

"Kami juga akan menjadi jembatan bagi jiwa muda yang punya ide kreatif. Akan kita fasilitas dengan investor untuk semakin mengembangkan ide yang mereka miliki. Ini juga menjadi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kota. Kita akan mendukung itu, Kota Malang jadi kota layak pemuda," pungkasnya.

Sementara itu, untuk kepengurusan MPD, DPD dan DED PKS Kota Malang periode 2020-2025 sebagai berikut :

Majelis Pertimbangan Daerah (MPD)

Ketua : M. Syaiful Ali Fatah STP 
Sekretaris : Nurul Arba'ati SPt
MAP Komisi Legislasi : H Masduki SE 
Komisi Organisasi dan Kewilayahan : H Anton Suprayogi ST Komisi Kebijakan Publik dan Kajian Strategis: M Slamet Supriyanto 
Komisi Ketahanan Keluarga : Nur Fadilah SPi

Dewan Pengurus Daerah (DPD) 

Ketua: Ernanto Djoko Purnomo
Sekretaris: Trio Agus Purwono STP
Bendahara: Mirza Ahmad Purnomo SP 

1. Bidang Kaderisasi

Ketua: Alwi Hidayat ST 

Sekretaris: Fathur Rohman, S.Pd 

2. Bidang Kepemudaan 
Ketua: Fikri Ghifari S.Pi 
Sekretaris: Shofura Hanifah SPsi

3. Bidang Kepanduan dan Olahraga 
Ketua: Prima Al-Akbar SKom 
Sekretaris: Nur Wiji Solikhin, SPd

4. Bidang Perempuan & Ketahanan Keluarga 
Ketua: dr Husnu Aqila Romas 
Sekretaris: Diah Mesti SPsi

5. Bidang Pemenangan Pemilu dan Pilkada 
Ketua: H. Asmualik, ST 
Sekretaris: Ade Arya Wirawan ST

6. Bidang Humas 
Ketua: Rijal Faizin Rachman SKom
Sekretaris: Yuliana Setia Rahayu SKom

7. Bidang Hukum dan Kebijakan Publik 
Ketua: Ahmad Fuad Rahman SE MM 
Sekretaris: Imam Sutopo SH

8. Bidang Pembangunan Keummatan dan Dakwah Ketua: Taufiq Ibadi SThI 
Sekretaris: Arsidna Sabilana SAP MAP

9. Bidang Kesejahteraan Sosial 
Ketua: Siti Aminah SPd 
Sekretaris: dr Nurul Wijiani

10. Bidang Pemberdayaan Jaringan Usaha dan Ekonomi Kader 
Ketua: H Bayu Rekso Aji AMd 
Sekretaris: Hj Lilyan Puspita Ningrum SS MBA

11. Bidang Pekerja, Petani dan Nelayan Ketua 
Ketua: H Rokhmad SSos 
Sekretaris: Mohammad Arys Muhlisin SE

12. Bidang Pembinaan dan Pengembangan Kelurahan 
Ketua: Muhammad Isa Ansori 
Sekretaris: H. Riyadi Ketua Sekretaris

Dewan Etik Daerah (DPD)

Ketua: Hendar Weje 
Sekretaris: Achmad Taufik Sekretaris 
Komisi Penegakan Disiplin Syar'i, Organisasi & Etik:  Dwi Aprianto 
Komisi Kajian dan Bayan: Abi Thalib SAg 
Komisi Bina Keluarga Sakinah: Widuri Kustiyanti SSos Komisi Bina Struktur dan SDM: Herman Ali Sadikin, ST Komisi Keummatan: Suli Hamdani.

Topik
Partai Keadilan Sejahtera PKS Kota Malang pelantikan PKS

Berita Lainnya

Berita

Terbaru