Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Dewanti Fungsikan Eco Enzyme

Feb 21, 2021 13:18
Suasana Walikota Batu dan Wakil Walikota Batu berserta Prokomoinda melakukan giat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di TPA Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Minggu (21/2/2021) (foto: Mariano Gale)
Suasana Walikota Batu dan Wakil Walikota Batu berserta Prokomoinda melakukan giat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di TPA Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Minggu (21/2/2021) (foto: Mariano Gale)

BATUTIMES - Wali Kota Batu dan Wakil Walikota Batu berserta Frokopimnda Kota Batu peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2021 di TPA Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Minggu (21/2/2021). Peringatan ini juga dilakukan dengan melakukan penyemprotan cairan Eco Enzyme di tumpukan sampah.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan, Eco Enzyme ini selanjutnya bisa dimanfaatkan dan difungsikan masyarakat sekitar. Terutama peralatan-perlatanya yang bisa membuat sirkulasi dari sampah dan sendimen serta cairan sampah difungsikan dengan baik. Agar nantinya tidak terjadi masalah bagi warga.

"Jalan keluar itu Eco Enzyme. Saya minta kepada Kepala DLH Batu untuk bisa bekerjasama dengan masyarakat. Bagaimana kita itu bukan hanya memberikan motivasi, tapi juga menghargai hasilnya, yang kemudian dimanfaatkan oleh TPA dan warga sekitar," ujarnya.

Lanjutnya, dengan melihat kondisi di TPA Tlekung, menurutnya dirasa sudah cukup baik dan ada beberapa hal yang perlu disempurnakan. Seperti perluasan lahan salah satunya.

"Kita juga sudah penyiapkan lahan untuk menambah luas area TPA. Jika memang sudah tidak memungkinkan penambahan sampah di TPA Tlekung, di sebalah itu sudah ada tanah yang tentu saja harus disiapkan terlebih dahulu. Kalau studi kelayakannya tergantung dari DLH," ujarnya.

Perluasan lahan di TPA Tlekung sengaja dilakukan, dikarenakan volume sampah yang sudah tak terbendung lagi. Dengan kondisi sampah yang terus bertambah itu, Dewanti menargetkan agar volume sampah bisa terus ditekan, minimal 5 persen.

"Harusnya minim 5 persen. Ini nanti, kita harus mengimbau kepada rumah atau penghasil sampah, sudah harus bisa memilah dan memilih sampah. Hal itu kemungkinan yang mampu mengurangi volume sampah di TPA. Disamping itu, ada beberapa desa yang memiliki TPS sendiri. Itu yang bisa menjadi pengurangan sampah ke TPA," ungkapnya.

Terkait perluasan lahan TPA Tlekung, Kepala DLH Kota Batu, Aries Setyawan mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak Perum Perhutani Divisi Regional Jatim. Rencana perluasan TPA Tlekung seluas 1,8 hektar itu telah sampai persiapan anggaran. Untuk melakukan perluasan TPA Tlekung, anggaran yang dibutuhkan perhutani sebesar Rp 80 juta.

Usai perluasan lahan disetujui oleh pihak kementerian, kebutuhan perluasan TPA lainnya seperti cut and fill akan segera dilaksanakan. "Yang pasti urus izinnya terlebih dahulu. Kemudian progres pembuatan sel sampahnya," ujarnya.

Topik
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko TPA Tlekung Berita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru