Kenalan yuk, ini Menteri Kesepian Pertama Jepang yang Baru Dilantik

Feb 21, 2021 12:28
Ilustrasi. (Foto: ThinkStock).
Ilustrasi. (Foto: ThinkStock).

INDONESIATIMES - Berbicara pejabat negara seperti Menteri, tentu yang terlintas dipikiran adalah seorang dengan segudang aktivitas kenegaraan. Seperti, urusan-urusan politik, ekonomi, keamanan, kesehatan dan masih banyak lainnya.

Tapi, lain halnya dengan negara Jepang. Negeri sakura tersebut baru saja membentuk jabatan menteri yang unik dan berbeda dari negara-negara pada umumnya. Ia disebut, Menteri Kesepian. Lantas, tugasnya apa ya ?

Dilansir dari berbagai sumber, salah satu alansan negara Jepang menunjuk pejabat sebagai Menteri Kesepian karena banyak warganya yang mengalami stres dan kesepian. 

Selain itu, tingkat bunuh diri di negara tersebut juga mengalami peningkatan sejak 11 tahun terakhir ini. 

Nah, untuk itulah mengapa ditunjuk seorang menteri yang tugasnya membantu mengatasi masalah kesepian yang banyak dialami orang di dunia, khususnya di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Sosok yang dipilih sebagai Menteri Kesepian di Jepang adalah Tetsushi Sakamoto. Tugas dia, mencari solusi untuk mengurangi beban masyarakat yang merasa sendirian atau kesepian.

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengatakan kelompok yang paling banyak mengalami masalah kesepian ini adalah para wanita. Dengan penunjukkan Menteri Kesepian itu, ia menginginkan ada solusi strategis dan komprehensif mengatasi persoalan tersebut.

"Terutama wanita, mereka merasa lebih terisolasi (daripada pria) dan angka bunuh diri mengalami peningkatan. Aku ingin kamu (Menteri Kesepian) mengusut masalah ini dan mengajukan strategi yang komprehensif," ujarnya.

Suga berharap, dengan jabatan tersebut segera dibentuk forum khusus untuk membahas solusi permasalahan ini. Mengingat, masalah kesepian dapat mempengaruhi berbagai problema lain yang lebih serius. Diantaranya seperti kemiskinan, penarikan diri secara sosial, hingga bunuh diri. 

Sementara itu, Tetsushi Sakamoto yang ditunjuk sebagai Menteri Kesepian juga berharap dirinya dapat menawarkan aktivitas untuk mencegah warganya merasa kesepian dan terisolasi secara sosial.

Ia menilai, masalah kesepian tak bisa dianggap sepele. Karena itu, Menteri Kesepian Jepang berencana untuk meningkatkan hubungan antar sesama warga agar menambah jumlah kelahiran.

Topik
Menteri KesepianjepangTetsushi Sakamotoberita viral

Berita Lainnya

Berita

Terbaru