Ngaku Baru Pertama Kali Lakukan Curanmor, Pencuri Ini Diringkus Reskrim Polsek Klojen

Feb 20, 2021 17:14
Slamet Hadianto (baju orange) ketika digelandang oleh anggota Unit Reskrim Polsek Klojen. (Foto: Polsek Klojen) 
Slamet Hadianto (baju orange) ketika digelandang oleh anggota Unit Reskrim Polsek Klojen. (Foto: Polsek Klojen) 

MALANGTIMES - Nasib apes menimpa pencuri bernama Slamet Hadianto (46) warga Kecamatan Klojen yang berhasil diringkus oleh Unit Reskrim Polsek Klojen sesaat setelah melakukan pencurian sepeda motor milik MR (23) di Jalan Ir Rais Gang 4, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang. 

Kapolsek Klojen Kompol Akhmad Fani Rakhim melalui Kanit Reskrim Polsek Klojen AKP Yoyok Ucuk menuturkan bahwa tersangka masih baru pertama kali melakukan pencurian sepeda motor. Namun berdasarkan hasil penyelidikan, tersangka mengaku memang sudah pernah melakukan pencurian beberapa barang sebelumnya. 

"Diketahui pelaku baru pertama kali beraksi mencuri sepeda motor. Pelaku sebenarnya bukanlah spesialis curanmor, melainkan mencuri apa saja. Karena kebetulan di rumah itu terparkir sepeda motor korban, pelaku akhirnya mencurinya," ungkapnya kepada pewarta, Sabtu (20/2/2021). 

Perwira dengan tiga balok dipundaknya ini juga menuturkan bahwa sebenarnya sepeda motor matic Yamaha Mio dengan nomor polisi H-3053-BEG milik MR (23) sudah akan dijual oleh tersangka. Namun berdasarkan informasi yang telah terkumpul proses jual beli tersebut berhasil digagalkan oleh Unit Reskrim Polsek Klojen. 

"Motor korban sempat mau dijual oleh pelaku dan sudah berkomunikasi dengan pembelinya. Namun karena kami sudah memiliki informasi, akhirnya pelaku kami tangkap dan motor korban berhasil kami amankan," terangnya. 

Lanjut Yoyok bahwa kronologi kejadian pencurian sepeda motor yang dilakukan oleh Slamet bermula ketika pada hari Senin (1/2/2021) malam sekitar pukul 20.30 WIB, korban MR (23) berkunjung ke rumah saudaranya. 

"Saat itu sekitar pukul 20.30 WIB, korban berinisial MR (23) mendatangi rumah saudaranya yang berada di Jalan Ir Rais Gang 4 nomor 103, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Sesampainya di rumah saudaranya itu, korban menaruh sepeda motornya di dalam garasi," jelasnya. 

Lebih lanjut Yoyok mengatakan bahwa korban menaruh sepeda motor di garasi yang terdapat di rumah saudara korban. Usai menaruh sepeda motor, korban masuk ke rumah dan istirahat. Garasi rumah saudara korban sendiri memiliki konsep terbuka, sehingga dapat terpantau kendaraan yang berada di garasi rumah saudara korban tersebut. 

"Sekitar pukul 22.30 WIB, pelaku masuk ke dalam rumah tersebut, dengan cara memanjat tembok. Dengan memakai alat semacam kunci T yang telah disiapkannya, pelaku membobol rumah kunci kontak motor korban," ujarnya. 

Tidak hanya membobol rumah kunci sepeda motor korban, tersangka juga merusak kunci pagar rumah saudara milik korban. "Setelah kunci pagar rusak, pelaku langsung membawa kabur motor milik korban," imbuhnya. 

Setelah menyadari bahwa rumah saudaranya telah dibobol dan sepeda motornya hilang dicuri, korban langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Polsek Klojen. Selanjutnya Unit Reskrim Polsek Klojen melakukan penyelidikan lebih lanjut. 

"Selang dua hari tepatnya pada hari Rabu (3/2/2021), Unit Reskrim Polsek Klojen berhasil menangkap pelaku di rumahnya," katanya. 

Atas perbuatan yang dilakukannya, tersangka diancam dengan Pasal 363 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana) dengan ancamana hukuman paling lama tujuh tahun kurungan penjara.

Topik
lokasi curanmor kota malangcuranmor kota malangkasus curanmor di Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru