Arema FC Siap Jadi Tuan Rumah Piala Menpora

Feb 20, 2021 15:53
Kondisi Stadion Kanjuruhan Malang saat dalam kondisi kosong selama pandemi Covid-19. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 
Kondisi Stadion Kanjuruhan Malang saat dalam kondisi kosong selama pandemi Covid-19. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 

MALANGTIMES - Arema FC siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Hal itu disampaikan oleh Media Officer Arema FC, Sudarmaji. “Kami siap menjadi tuan rumah dan akan menyesuaikan protokol kesehatana. Sekarang tinggal menunggu surat penunjukan resminya,” kata Sudarmajia kepada MalangTIMES, Sabtu (20/2/2021).

Sudarmaji mengatakan Arema FC  memiliki perjalanan yang cukup baik dan mumpuni dalam menggelar penyelenggaraan pertandingan sepak bola yang bertempat di Stadion Kanjuruhan. Hanya saja pihaknya akan melakukan penyesuaian penerapan protokol kesehatan sesuai imbauan dari pemerintah. 

"Namun untuk kali ini, kita terus terang masih perlu ada penyesuaian adaptasi terkait protokol kesehatan. Karena itu, seandainya nanti Menpora memang benar-benar menyelenggarakan turnamen ini, tentunya akan disambut antusias oleh Arema," ujarnya kepada awak media. 

Untuk persiapannya sendiri, disampaikan Sudarmaji bahwa pihak Arema juga telah menyusun sebuah rangkaian simulasi pertandingan sepak bola dengan menerapkan protokol kesehatan. "Bahkan Arema sudah menyusun sebuah simulasi bagaimana pertandingan ini bisa digelar dengan aturan pengetatan protokol kesehatan," terangnya. 

Hal tersebut merupakan respons baik dari Arema jika nantinya memang dari pihak penyelenggara menunjuk Arema FC sebagai salah satu tuan rumah terselenggaranya Piala Menpora 2021. "Nanti ke depan kita juga akan mendukung adanya regulasi agar protokol kesehatan itu benar-benar ditegakkan. Baik oleh klub maupun semua pihak yang terkait dengan sepak bola," ujarnya. 

Disinggung mengenai kondisi kelayakan Stadion Kanjuruhan yang sudah lama tidak dipergunakan selama pandemi Covid-19 ini, dikatakan Sudarmaji bahwa untuk perawatan telah dilakukan oleh pihak pengelola Stadion Kanjuruhan. "Tapi kita akan segera berkomunikasi agar dilakukan percepatan untuk melakukan perbaikan-perbaikan dan kesiapan-kesiapan," terangnya. 

Namun yang pasti Arema FC sampai saat ini masih menunggu surat penunjukan resmi dari Kemenpora terkait penunjukan sebagai tuan rumah Piala Menpora 2021. Karena sampai saat ini pihaknya masih mendengar dari media sosial. "Kita berharap kalau memang turnamen ini segera digelar, kita segera diberikan surat resminya agar kita segera melakukan kesiapan-kesiapan," katanya. 

Adanya surat penunjukan resmi dari Kemenpora tersebut sebagai legal standing untuk Arema FC melakukan persiapan-persiapan dari segi penyesuaian adaptasi protokol kesehatan di Stadion Kanjuruhan hingga kesiapan para pemain. 

Sebagai informasi bahwa Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan telah membeberkan rencana gelaran Piala Menpora 2021 yang bakal digelar pada 20 Maret sampai 25 April 2021. Gelaran Piala Menpora 2021 sendiri digelar oleh PSSI bersama operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru. 

Iwan Bule -sapaan akrab Mochamad Iriawan- menyebutkan bahwa Piala Menpora 2021 bakal digelar di beberapa daerah yakni Magelang, Solo, Sleman dan Semarang. Selain empat lokasi utama tersebut, terdapat beberapa alternatif lokasi sebagai tempat pra-kompetisi yakni Solo, Samarinda, Lampung dan Palembang. 

Untuk pesertanya diikuti oleh 18 peserta Liga 1 dan dua tim dari Liga 2 yakni Sriwijaya FC dan PSMS Medan. Jika nantinya gelaran pramusim dengan penerapan protokol kesehatan dapat berjalan dengan lancar, Liga 1 2021 berpotensi bakal digelar dan mendapatkan izin dari Polri.

Topik
Arema FC Sudarmaji piala menpora Ketua Umum PSSI

Berita Lainnya

Berita

Terbaru