Dibekali Kompetensi Mumpuni, Para Lulusan Fakultas Hukum Unikama Siap Hadapi Persaingan

Feb 19, 2021 17:22
Fakultas Hukum Unikama saat melakukan prosesi yudisium 20 mahasiswa. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Fakultas Hukum Unikama saat melakukan prosesi yudisium 20 mahasiswa. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Fakultas Hukum  Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (FH Unikama) melakukan prosesi yudisium semester ganjil tahun akademik 2020-2021 terhadap 20 mahasiswa. 

Ke-20 mahasiswa yang kini telah resmi menyandang gelar sarjana hukum itu sudah dibekali kemampuan secara hard skill maupun soft skill untuk menjadi sumber daya manusia yang berdaya saing.

Hal itu ditegaskan  Dekan Fakultas Hukum Unikama Dr Suciati SH MHum, Jumat (19/2/2021). Menurut dia, sebelum lulus, para mahasiswa telah dibekali  berbagai kompetensi dan juga  kemampuan tentang pemanfaatan teknologi informasi.

"Sekarang kan berbasis revolusi industri 4.0 sehingga semua berbasis IT. Makanya para mahasiswa ini juga harus menguasai, selain kompetensi utama mereka di bidang hukum, seperti ada hukum telematika dan lainnya," jelasnya.

Selain pembekalan kompetensi mengenai teknologi informasi, peningkatan kapabilitas para mahasiswa ini juga dilakukan melalui kerja sama dengan instansi di luar kampus. Hal itu dilakukan guna memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa agar bisa merasakan atmosfer keterlibatan dalam sebuah kegiatan hukum.

"Kami juga kerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Malang, terkait dengan pemilu. Sehingga mahasiswa mempunyai pengalaman terjun langsung dalam mengetahui seluk-beluk problem hukum dalam pemilu," beber Suciati.

Tak hanya bekerja sama dengan instansi. Dalam memberikan bekal ilmu lebih kepada para mahasiswa, Fakultas Hukum Unikama turut mendatangkan dan melibatkan para pakar maupun praktisi yang berkompeten pada bidangnya.

"Seperti halnya notaris, pengacara dan yang lainnya. Mereka yang membimbing dan yang menguji juga dari praktisi. Sehingga dengan ini, tambahan ilmu tidak hanya teori, tapi lebih pada praktik. Baru pada tingkatan pasca lebih kepada filosofis. Sejatinya ilmu hukum adalah keadilan kemanfaatan dan kepastian," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Suciati menyampaikan harapan terhadap 20 mahasiswa yang kini telah bergelar sarjana itu. Diharapkan, para lulusan Fakultas Hukum Unikama tersebut bisa memberikan kebermanfaatan maupun kontribusi bagi bangsa dan masyarakat melalui bekal ilmu yang mereka peroleh.

Sementara itu, dalam kegiatan yudisium yang dilakukan secara daring tersebut, turut dibacakan para mahasiswa yang menjadi lulusan terbaik. Mereka adalah Renaldi Disky Rendra Yulianto dengan IPK 3,88 dan Riza Diana Putri Utami dengan IPK 3,89.

Topik
Universitas PGRI Kanjuruhan MalangFH Unikama

Berita Lainnya

Berita

Terbaru