Konflik Politik Lekat dengan "Mubahalah". MUI: Bahaya!

Feb 19, 2021 09:39
Ketua Bidang Hukum MUI Noor Achmad (Foto: TEROPONGSENAYAN.com)
Ketua Bidang Hukum MUI Noor Achmad (Foto: TEROPONGSENAYAN.com)

INDONESIATIMES - Majelis Ulama Indonesia (MUI) memperingatkan sumpah "mubahalah" yang kerap disebut di tengah konflik politik. Kata itu kembali mencuat di tengah konflik politik Marzuki Alie dengan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokat (PD) Andi Arief.  

MUI mengingatkan jika sumpah mubahalah tak boleh dipermainkan. "Jadi mubahalah ini jangan mudah digunakan, https://jatimtimes.com/tag/https://jatimtimes.com/tag/mubahalahitu sebenernya sebuah sumpah kutukan, melaknat, antara yang benar dan salah. Artinya suatu pernyataan diri kepada Allah SWT, kalau memang ada yang salah merasa benar atau sebaliknya, maka bisa dilakukan sumpah mubahalah, itu kalau sudah tidak bisa dikompromikan," ujar Ketua Bidang Hukum MUI, Noor Achmad.  

Lebih lanjut, Noor mengatakan jika arti itu benar-benar meminta laknat Allah, dan itu bisa bahaya sekali kalau dilakukan sungguh-sungguh.

Noor lantas mengingatkan jika sumpah mubahalah itu bukan hanya jangan mudah diucapkan oleh sesama muslim. Kata Noor Mubahalah adalah puncak dari perselisihan.  

"Sehingga jangan sampai itu mudah dilakukan oleh sesama muslim, bahkan sesama umat manusia, karena kalau sudah demikian orang minta kutukan kepada Allah, orang minta laknat kepada Allah," cetusnya.  

Sebelumnya, Andi Arief menyebut jika cerita Marzuki Alie soal 'SBY bilang Megawati kecolongan' hanyalah karangan bebas.  Menanggapi hal itu, Marzuki Alie siap bermubahalah atas pernyataannya ini.

"Pak Andi, perjalanan saya dengan SBY bisa saya pertanggungjawabkan lahir bathin, bisa bermubahalah, karena saksi tunggal semuanya sudah meninggal dunia," kata Marzuki Alie di Twitter, Kamis (18/2.2021).

Marzuki lantas menyebut dirinya kerap dituduh mencari jabatan di Partai Demokrat (PD). Eks Sekjen PD itu menceritakan kembali apa yang dilakukannya bagi Partai Demokrat.

"Banyak orang mengira saya cari jabatan di PD. PD 2002 hadir di Palembang Prof Subur BS, pakai ruang kampus saya sebelum SBY gabung PD," jelas Marzuki Alie.

Selain Marzuki Alie, sumpah mubahalah ini juga sempat heboh di kancah perpolitikan Indonesia dan pernah diutarakanoleh Anas Urbaningrum, Buni Yani, Ahmad Dhani, Pipin Sopian, Habib Rizieq, dan Ade Armando.

Topik
marzuki aliemubahalahMUI

Berita Lainnya

Berita

Terbaru