UIN Malang Jadi Kampus Negeri Berbasis Islam Terbaik Pertama Versi UniRank

Feb 18, 2021 18:13
Kampus UIN Maliki Malang (Doc MalangTIMES)
Kampus UIN Maliki Malang (Doc MalangTIMES)

MALANGTIMES - Lembaga direktori pendidikan internasional Unirank, merilis pemeringkatan universitas di seluruh dunia, termasuk Indonesia pada 2021. Pada zona Indonesia, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, menjadi kampus Islam negeri terbaik pertama di Indonesia versi Unirank pada tahun 2021.

Mukhlish Fuadi, Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN Maliki Malang, membenarkan hal tersebut.

"Iya benar," ungkapnya saat dihubungi melalui sambungan telpon, Kamis (18/2/2021).

Kendati dalam peringkat secara publik atau secara nasional UIN Maliki Malang dalam posisi peringkat 26 dari 577 lebih perguruan tinggi negeri se-Indonesia yang memenuhi kriteria UniRank, namun kampus-kampus di atas peringkat tersebut, bukanlah kampus berbasis Islam.

Sehingga, secara dalam pemeringkatan, UIN Maliki Malang menjadi kampus negeri terbaik pertama mengalahkan kampus negeri berbasis Islam lainnya.

"Ini menjadi kebanggaan kami, UIN Maliki Malang bisa menjadi kampus negeri terbaik pertama. Kampus berbasiskan Islam negeri yang lain berada di bawah UIN Maliki Malang," jelasnya.

Dijelaskan Mukhlish, jika prestasi ini sama seperti sebelumnya. Pada 2020, UIN Maliki Malang juga menjadi kampus negeri berbasis Islam terbaik di Indonesia dan masih tetap mengungguli kampus negeri berbasis Islam lainnya.

"Untuk IT UIN Malang, kita hanya fokus untuk memberikan layanan IT yang terbaik terlebih dalam kondisi pandemi ini. Adapun memperoleh ranking tersebut adalah bonus," terangnya.

Jika dirangking secara global, UIN Maliki Malang tak kalah berprestasi. UIN Maliki Malang masuk dalam 10 besar, atau tepatnya peringkat 9 universitas Islam yang terbaik di dunia, bersama universitas lainnya.

Sementara itu, dalam parameter pemeringkatan universitas, UniRank menjelaskan terdapat beberapa parameter pertimbangan yang digunakan. Parameter tersebut antara lain;

1. Dilisensikan atau diakreditasi oleh organisasi terkait pendidikan tinggi Indonesia yang sesuai.

2. Menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun atau gelar pascasarjana (gelar magister atau doktoral).

3. Menyampaikan kursus, terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, dan non-jarak jauh.

Tabel pemeringkatan non-akademik dari universitas-universitas terbaik di Indonesia ini, berdasarkan metrik web yang valid dan tidak dapat dipengaruhi. Data disediakan oleh sumber intelijen web independen daripada data yang dikirimkan oleh universitas itu sendiri.

 

 

 

Topik
UIN Maliki MalangUIN MalangUIN Malikiranking unirank

Berita Lainnya

Berita

Terbaru