Pola Sedekah Milenial Ala Rumah Sedekah NU Malang

Feb 17, 2021 20:26
Rumah Sedekah NU di Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. (Foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)
Rumah Sedekah NU di Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. (Foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Rumah Sedekah Nahdatul Ulama (NU) yang berada di Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, memiliki pola sedekah milenial. Pola ini dapat diikuti umat muslim di seluruh Indonesia bahkan dunia.

Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten MalangHH Noor Shodiq Askandar mengatakan bahwa pihaknya ingin mengembangkan pola sedekah baru. “Ini nanti kita bikin podcast yang kami harapkan dari subscriber itu hasilnya akan kami kembangkan untuk masyarakat ataupun operasional,” kata pria yang akrab disapa Gus Shodiq tersebut, Rabu (17/2/2021).

Gus Shodiq mengaku bahwa konten podcast yang akan dibuat nanti arahnya mengedukasi masyarakat untuk bersedekah kepada sesama. “Podcast-nya bebas. Nanti mungkin tentang kehidupan masyarakat, bisa dari tokoh di Malang Raya atau yang lain. Tetapi semua arahnya tentang bagaimana menyadarkan orang untuk berbagi kepada sesama,” ungkap dia.

Selain itu, Gus Shodiq  berharap Rumah Sedekah NU ini bisa menjadi rumah besar bagi orang yang ingin berbagi dalam segala hal. “Termasuk pola kemitraan, kami ingin orang yang bersedekah itu tidak hanya bersedekah, tapi kami ajak berbicara tentang kepentingannya ini untuk apa. Kalau ke beasiswa, ya kami arahkan ke beasiswa,” jelas dia.

 Rumah Sedekah NU rencananya juga akan mengembangkan pesantren tahfidz yang masih satu manajemen. Di situ akan terfokus pada pengembangan anak berstatus kurang mampu yang masih memiliki keinginan untuk menjadi ulama.

“Nantinya (pesantren tahfidz, red) akan difokuskan kepada anak kurang mampu tapi punya keinginan besar untuk menjadi ulama. Untuk awal lingkupnya mungkin Malang Raya. Baru nanti kalau berkembang, bisa ke daerah lain,” papar dia.

 Rumah Sedekah NU juga bekerja sama dengan beberapa pengusaha di Malang Raya untuk mengembangkan anak di bawah naungan NU yang belum memiliki pekerjaan. “Kami sudah gandeng member dari pengusaha. Nantinya pengusaha itu akan melatih calon wirausahawan itu dari orang kurang mampu yang ada di lingkungan NU. Mereka dilatih kurang lebih seminggu sampai 10 hari nanti kemudian akan dimagangkan di tempat usaha itu, supaya mereka betul-betul siap ketika mengembangkan wirausaha. Ketika belum siap, nanti bisa terus jadi karyawan dulu sampai batas tertentu,” pungkasnya.

 

Topik
PCNU Kabupaten MalangRumah Sedekah NUNoor Shodiq Askandar

Berita Lainnya

Berita

Terbaru