Misi Mulia, Anggota DPRD Kota Malang Fraksi Golkar, Nasdem, PSI Pimpin Tim SAR ke Nganjuk

Feb 17, 2021 17:29
Anggota DPRD Kota Malang Fraksi Golkar, Nasdem, PSI, Gagah Soeryo Pamoekti memimpin tim SAR ke Nganjuk, Rabu (17/2/2021) (foto: istimewa).
Anggota DPRD Kota Malang Fraksi Golkar, Nasdem, PSI, Gagah Soeryo Pamoekti memimpin tim SAR ke Nganjuk, Rabu (17/2/2021) (foto: istimewa).

MALANGTIMES - Membantu berpartisipasi dalam misi pencarian korban longsor di kawasan Nganjuk, Jawa Timur, aggota DPRD Kota Malang Fraksi Golkar, Nasdem, PSI, Gagah Soeryo Pamoekti bersama sejumlah tim SAR berangkat menuju Nganjuk, Jawa Timur, Rabu (17/2/2021).

"Sebenarnya, sudah ada tim SAR Dog yang lain. Namun, menurut pembina kami, dan beberapa rekan relawan dari regu lain, mengatakan bahwa yang di sana adalah unit dalmas. Bukan K9 unit SAR. Untuk itu, kami turun ke lapangan pertama kali untuk melakukan observasi medan bersama dengan Tim SAR Dog Jawa Timur," terang Gagah.

Dalam proses pencarian itu, pihaknya menjelaskan telah dimulai sejak pagi sekitar pukul 06.30 WIB. Dalam misi kemanusiaan tersebut, delapan orang serta dua anjing jenis pelacak berjenis Kadaver dan Usar yang akan melakukan tugas pelacakan korban yang masih hidup.

" Anjing Usar ini melacak koban yang masih hidup. Anjingnya bisa melacak manusia dari bau keringat dan lainnya. Sementara, anjing Kadaver, khusus untuk mencari mayat," terangnya.

Dari upaya pencarian itu, mengindikasikan adanya temuan korban tanah longsor. Indikasi itu setelah satu anjing pelacak bernama Kross terus berkutat pada satu titik memberikan tanda. Setelah itu, ditindaklanjuti dengan anjing kedua bernama Kiyes yang melakukan kroscek pada titik yang diindikasikan ada korban tanah longsor.

Adanya pertanda kuat dari kedua anjing pelacak itu, semakin memperkuat indikasi adanya korban tanah longsor pada beberapa zona. Total ada tiga titik atau zona. "Tapi kami fokus pada pencarian di zona A. Selain itu, tim BPBD Jawa Timur juga menemukan retakan dengan panjang sekitar 290 meter," terangnya.

Meski begitu, saat ini pihaknya bersama tim lainnya terus berupaya melakukan pencarian. Ia berharap, dalam misi kemanusiaan ini membuahkan hasil dan dapat membantu tugas dari tim SAR dalam pencarian korban longsor di wilayah tersebut.

"Mudah-mudahan, kedatangan kami bisa membantu dan memberikan kontribusi, utamanya dalam melakukan evakuasi korban," pungkasnya.

Topik
longsor di nganjuktim SAR dog jawa timurDPRD Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru