Vaksin Sinovac Kini Diperbolehkan untuk Komorbid

Feb 17, 2021 17:01
(foto: ilustrasi)
(foto: ilustrasi)

BATUTIMES-Setelah kabar Vaksin Sinovac bisa diberikan kepada lansia, kini Vaksin Sinovac dapat diberikan kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau komorbid.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, drg. Kartika Trisulandari mengatakan, penyutikan vaksin yang akan diberikan kepada lansia maupun komorbid.

"Tapi tetap saja akan ada prosedur yang harus dilakukan. Jadi tidak serta merta disuntik vaksin. Kalau untuk komorbid yang boleh divaksin harus yang terkontrol. Jika tidak terkontrol tetap tidak bisa," ujarnya, Rabu (17/2/2021).

Lanjutnya, komorbid terkontrol merupakan penyakit yang bisa dikendalikan. Dengan cara mengkonsumsi obat secara teratur. Sehingga membuat kondisi kesehatan stabil.

"Jadi komorbid terkontrol itu nanti dibuktikan dengan surat setiap kali melakukan kontrol. Serta ketika dalam proses screening orang tersebut juga terlihat dalam kondisi baik," ujarnya.

"Sedangkan komorbid yang tidak terkontrol, kondisi kesehatan tubuhnya tidak stabil. Kondisi seperti itu jelas tidak memungkinkan untuk divaksinasi," imbuhnya.

Hal itu terjadi pada Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso yang saat itu tidak bisa melakukan vaksinasi tahap pertama karena penyakit komorbid. Meski sudah diperbolehkan vaksinasi terhadap lansia dan komorbid, ia akan mengikuti prosedur yang ada. Seperti proses screening.

"Saya sudah siap untuk divaksin. Memang waktu itu tidak lolos vaksinasi Covid-19 tahapan pertama karena kondisi kesehatan saya yang kurang baik. Tapi saya sudah siap, dengan melakukan pola hidup sehat," ujarnya.

 

Topik
vaksin sinovacVaksin Covid 19Dinas Kesehatan Kota BatuVaksinasi Covid 19

Berita Lainnya

Berita

Terbaru