Apa Itu Clubhouse? Aplikasi yang Kini Trending Gegara Elon Musk

Feb 17, 2021 10:12
Aplikasi Clubhouse (Foto: Business Today)
Aplikasi Clubhouse (Foto: Business Today)

INDONESIATIMES - Tagar #Clubhouse mendadak menjadi trending Twitter Rabu (17/2/2021) pagi hingga lebih dari 33 ribu cuitan. Apa sebenarnya Clubhouse ini?  

Clubhouse merupakan aplikasi yang mendadak viral setelah digunakan oleh Elon Musk. Melansir melalui The Guardian, Clubhouse merupakan aplikasi jejaring sosial yang menggunakan audio-chat.  

Pengguna bisa mendengarkan percakapan, wawancara, dan diskusi antara orang-orang yang menarik tentang berbagai topik. Hal ini tak jauh beda seperti mendengarkan podcast tetapi langsung dan dengan lapisan eksklusivitas tambahan. 

Clubhouse juga bisa digunakan hanya untuk undangan.  Namun, pengguna tak bisa begitu saja untuk mengunduhnya dari App Store dan membuat akun.

Hasil gambar untuk Clubhouse
Foto: CNN

Untuk bisa ikut mendengarkan, pengguna harus diundang untuk bergabung dengan anggota yang sudah ada. Saat bergabung, pengguna bisa memilih topik yang menarik, seperti teknologi, buku, bisnis, atau kesehatan.

Semakin banyak informasi yang Anda berikan kepada aplikasi tentang minat Anda, semakin banyak ruang percakapan dan individu yang direkomendasikan aplikasi untuk Anda ikuti. Penggunaan Clubhouse bisa melakukan layaknya ruang percakapan seperti panggilan konferensi.

Dengan beberapa orang berbicara di telepon, dan sebagian besar mendengarkan. Seperti panggilan telepon, setelah percakapan selesai maka ruangan ditutup.

Sayangnya, sejumlah pengguna kini mulai mengkhawatirkan keamanan data pada aplikasi tersebut. Aplikasi ini memang tidak seperti aplikasi lain dalam mengumpulkan informasi tentang pengguna dan kontak ketika mendaftar.  

Fitur yang paling menjadi sorotan yakni saat proses pendaftaran. Satu-satunya cara untuk mendaftar yakni dengan undangan, dan itu harus berasal dari pengguna lain yang sudah ada karena tidak ada opsi pendaftaran publik.  

Hasil gambar untuk clubhouse app
Foto:  Business - Insider

Dengan undangan itulah potensi masalah privasi akan muncul. Hal berikutnya yakni peringkat berdasarkan berapa banyak kontak yang mereka miliki di Clubhouse. 

Semua kontak akan dicantumkan, dan akan ada peringkat berapa banyak kontak yang mereka miliki di Clubhouse, bahkan jika orang itu belum bergabung.

Terancam diblokir Kominfo

Namun Clubhouse kini terancam diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo). Hal tersebut dikarenakan Clubhouse belum terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di Indonesia.  

Menurut Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi, ketentuan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 5 Tahun 2020 yang diundangkan pada November lalu. "Sesuai PM Nomor 5 Tahun 2020, bagi (PSE) yang tidak mendaftar sesuai kebijakan berlaku, akan mendapat sanksi administrasi berupa pemutusan akses," ungkap Dedy.

 

Topik
IndonesiaBerita Indonesiaclubhouseaplikasi clubhouse

Berita Lainnya

Berita

Terbaru