Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang, Made Arya Wedantara, Selasa (17/11/2015). (Foto : Hafis / Malangtimes)
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang, Made Arya Wedantara, Selasa (17/11/2015). (Foto : Hafis / Malangtimes)

MALANGTIMES - Momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Malang ke - 1255, yang akan jatuh pada 28 November 2015 nanti, akan dilangsungkan secara sederhana. Perayaan tidak akan dimeriahkan layaknya tahun sebelumnya. Karena Kabupaten Malang akan menggelar pesta demokrasi, yakni Pilkada Kabupaten Malang, pada 9 Desember mendatang.

"Nanti tetap ada rangkaian kegiatan meskipun tidak sebanyak pada tahun sebelumnya. Karena perayaan tahun ini, berdekatan dengan agenda Pilkada Kabupaten Malang. Namun, akan tetap dimeriahkan walau tidak mewah dan spektakuler," jelas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang, Made Arya Wedantara, Selasa (17/11/2015). 

Baca Juga : Peduli Covid-19, Hawai Grup Sumbang Ratusan APD ke Pemkot Malang

Menurut Made, pada 28 November 2015 mendatang, rangkaian perayaan akan dimulai dengan acara Seremonial upacara HUT Kabupaten Malang ke 1255. Kemudian akan dilanjutkan dengan rapat jajaran seluruh SKPD Kabupaten Malang. "Upacara perayaan, akan dilakukan pagi hari," katanya.

Untuk malam hari, akan dilangsungkan Pagelaran Seni Wayang Kulit, yang bertempat di pendapa Kabupaten Malang, di Kecamatan Kepanjen. "Pagelaran Seni Wayang Kulit itu akan menghadirkan dalang Ki Tantuk asal Karangploso," jelasnya.

Mengapa memilih dalam Ki Tantuk? Menurut Made, untuk mengangkat potensi dalang lokal asli Kabupaten Malang. "Dalam acara itu, juga akan ditampilkan kesenian tradisional dari Kabupaten dan Kota Kediri, sebagai tamu penampil," aku Made.

Baca Juga : Viral Surat Stafsus Jokowi untuk Camat, Dicoreti Bak Skripsi hingga Berujung Minta Maaf

Made menambahkan, rangkaian perayaan HUT Kabupaten Malang ke 1255 itu, sebenarnya sudah dimulai sejak Oktober lalu. "Acaranya gelar unjuk budaya potensi lokal dari 33 Kecamatan se Kabupaten Malang pada 13 - 16 Oktober lalu. Tempatnya di parkir stadion Kanjuruhan," katanya. (*)