Perdebatan Sengit Deddy Corbuzier, dr Tirta dan KPI soal Prokes di Pertelevisian

Feb 16, 2021 16:27
Debat Deddy Corbuzier soal prokes di televisi (Foto: YouTube Deddy Corbuzier)
Debat Deddy Corbuzier soal prokes di televisi (Foto: YouTube Deddy Corbuzier)

INDONESIATIMES - Presenter Deddy Corbuzier sempat menjadi sorotan publik lantaran aksi protesnya terhadap aturan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) terkait protokol kesehatan. Melalui akun Instagramnya, saat itu Deddy membandingkan pemakaian masker saat syuting talkshow dengan sinetron.  

Hal ini pun juga mendapatkan respon dari beberapa publik figur seperti Nikita Mirzani dan juga dr Tirta. Bahkan, Deddy pun langsung mempertanyakan soal protokol kesehatan (prokes) di dunia pertelevisian kepada pihak KPI.  

Melalui video podcast yang diunggahnya pada Selasa (16/2/2021) di channel YouTube Deddy Corbuzier, ia berhasil mengundang Ketua KPI Pusat Agung Suprio. Dalam video podcast yang diberi judul "HAYOOO! KETUA KPI VS GUE‼️" itu, Deddy menanyakan terkait sinetron yang tak pernah mendapatkan teguran dari KPI terkait prokes.  

“Kenapa KPI tidak pernah ada surat teguran untuk sinetron, pak?” tanya Deddy. 

Agung lantas menjelaskan bahwa sahabatnya, yaitu dr Tirta, sebenarnya juga sudah mengingatkan terkait munculnya polemik sinetron ini.

Namun, Agung mengungkapkan jika sebelumnya memang sudah ada rapat terlebih dahulu dengan Satgas pada 13 Januari 2021 lalu. 

“Pemerintah semestinya apresiasi dengan para pesohor ketika mereka menggunakan masker. Saya yakin engap, saya aja ini ngomong engap banget. Cuma saya ingin agar masyarakat itu ikut apa yang kita lakukan,” ujar Agung.

“Kemudian muncul polemik sinetron, kebetulan sahabat saya ini dr tirta, pada tanggal 23 Januari sudah mengingatkan. Kita rapat dengan Satgas 13 Januari kita masih evaluasi itu,” sambungnya. 

Deddy kembali bertanya soal aturan yang saat ini ramai diperbincangkan publik.  

“Pertanyaannya sejak awal ketika aturannya dibuat kenapa sinetron tidak ada di tv?” tanya Deddy.

Image
Foto:  YouTube Deddy Corbuzier

“Karena enggak ada dasarnya, Pak. Jadi ini kan virus baru, sementara kita belajar adaptasi dari negara lain. Nah, dari virus menyebar Maret kita lihat aja kebijakan KPI di bulan November,” ujar dr Tirta.

“Sementara sinetron tidak bisa ditegakkan karena belum ada dasarnya,” sambung dr Tirta.

Ada pula Gilang Dirga yang turut menimpali perbincangan mereka. Gilang pun mempertanyakan terkait tontonan yang bisa menjadi sebuah tuntunan bagi masyarakat.  

“Tapi, dasarnya tadi bukannya tontonan menjadi tuntunan?” tanya Gilang. 

“Nah itu yang jadi masalah, dasarnya belum ditegakkan,” timpal dr Tirta.

“Berarti bukan tuntunan gitu ya?” tanya Deddy lagi.

“Tuntunan dong, makanya dari itu tanggal 23 Januari aku mengingatkan, ‘Pak ini ada celah di dasar sini,’ aku ngamatin semuanya jadi ada celah di sini, yang ditegakkan baru talkshow dan reality show, yang sinetron ini belum. Akan ada protes dari teman-teman reality show,” cetus dr Tirta.  

Seakan tak puas dengan jawaban dr Tirta, Deddy kembali bertanya tentang pertanyaan awal tadi. 

“Pertanyaan gue dari awal adalah kenapa yang ditegakkan dari awal itu doang?” tanya Deddy.

“Karena tidak ada dasarnya, sebelum penegakkan ada dasar. Setiap teguran namanya KKPI. Nah, KKPI itu diturunkan dari peraturan Satgas. Lha Satgas iki durung gawe Pak, untuk dasar sing nggo sinetron,” jawab dr Tirta.

Image
Foto:  YouTube Deddy Corbuzier

“Masak Satgasnya tidak melihat sinetron?” tanya Deddy. 

“Kalo aku dari sini netral nih dari aku adalah…,” ujar dr Tirta.

Belum selesai dr Tirta menjawab, Deddy mengungkapkan pernyataan yang membuat dr Tirta kesal.

“Anda enggak pernah netral dok, anda enggak pernah netral dari awal,” ujar Deddy. 

“Loh netral saya. Saya netral Jawa Tengah,” jawab dr Tirta.

Setelah tertawa dengan pernyataannya tadi, dr Tirta serius menjawab pertanyaan Deddy terkait aturan yang dari awal kenapa tidak ditegakkan.

“Aku ingat awal mula tuh peraturan November, orang heboh gitu kan, dr Tommy diundang orang bahas dong tentang face shield terus dipertegas,” ujar dr Tirta.

“Nah, yang aku minta pada waktu itu ke KPI adalah diskusi mengenai penegakkan protokol secara poinnya,” ujar dr Tirta. 

Topik
prokes pertelevisianDeddy Corbuzierdr TirtaKPIpodcast Deddy Corbuzier
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru