Pemkab Malang Bakal Libatkan Wartawan saat Vaksinasi Prioritas Kedua

Feb 16, 2021 15:53
Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat (kemeja putih) saat menerima suntikan vaksin covid-19 tahap pertama. (Foto: Istimewa)
Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat (kemeja putih) saat menerima suntikan vaksin covid-19 tahap pertama. (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dikabarkan bakal segera merealisasikan vaksinasi covid-19 terhadap para wartawan. Pernyataan itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat saat menanggapi adanya kabar bahwa vaksinasi tahap ke-2 di Kabupaten Malang mulai dilangsungkan pada pekan ini.

”Nanti yang (tahap) kedua akan kita coba jurnalis juga akan dilibatkan. Jadi, kami upayakan agar wartawan juga bisa disertakan saat vaksinasi terhadap prioritas pelayanan publik,” jelasnya.

Seperti yang sudah diberitakan, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Malang Arbani Mukti Wibowo menyebut  vaksinasi tahap kedua mulai dilangsungkan pada minggu ini.

Tahap kedua ini akan menyasar prioritas pertama, yakni para nakes (tenaga kesehatan) dan petugas pelayanan publik lainnya. Termasuk jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Malang yang telah mendapat suntikan vaksin pertama saat pencanangan pada Sabtu (30/1/2021) lalu.

Jika prioritas kesatu ini rampung, sasaran berikutnya adalah petugas pelayanan publik prioritas kedua yang meliputi anggota Polri, TNI, guru, petugas pemadam kebakaran, petugas PDAM, PLN, termasuk para wartawan.

Rencananya, vaksinasi terhadap prioritas kedua ini akan dilangsungkan pada pekan ketiga Februari 2021.  ”Saat ini kami sedang berkoordinasi dengan organisasi wartawan. Sementara ini kita ke PWI (Persatuan Wartawan Indonesia). Saya sudah perintahkan Pak Kadis (Kepala Dinas) Kesehatan untuk berkoordinasi dengan PWI Malang Raya,” ucap Sekda Kabupaten Malang.

Dalam koordinasi tersebut, pemkab akan meminta soal data para wartawan yang bertugas meliput pemberitaan, khususnya yang ada di Kabupaten Malang. ”Nanti saya minta by name, by adresnya (nama dan alamat para wartawan, red),” imbuhnya.

Nantinya jika sudah ada biodata dari para pewarta, Pemkab Malang akan segera berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar para wartawan juga bisa mendapatkan jatah vaksinasi covid-19. ”(Data para wartawan) kami ajukan ke kementerian dan lemprov (Pemerintah Provinsi Jawa Timur). Mudah-mudahan nanti ada persetujuan,” ucapnya.

Seperti yang sudah disampaikan Arbani, vaksinasi terhadap prioritas kedua, termasuk para wartawan, akan dilangsungkan setelah penyuntikan vaksinasi tahap kedua kepada prioritas pertama, emasuk Forkopimda Kabupaten Malang, terealisasi.

”Jadi, nanti tunggu waktu di (penyuntikan vaksin) tahap kedua kepada prioritas pertama dirampungkan. Setelahnya baru direalisasikan untuk prioritas kedua, kemungkinan dalam waktu dekat ini atau minggu depan jurnalis akan dimasukkan sebagai prioritas kedua,” ujarnya.

Wahyu berharap, vial vaksin yang diperuntukkan bagi prioritas kedua  ini bisa segera dikirim oleh pemerintah sehingga tahapan vaksinasi bisa segera dilangsungkan. ”Insya Allah kalau kementerian dan pemprov sudah mengirimkan vaksin lagi, kami akan segera lanjutkan vaksinasi terhadap prioritas kedua,” pungkasnya.

 

Topik
vaksinasi di kabupaten malangPemkab Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru