BPBD Jatim Bentuk Desa Tangguh Bencana Baru di Kota Batu

Feb 16, 2021 15:15
BPBD Jatim sedang melakukan pelatihan bencana kepada masyarakat di Desa Pandanrejo, Bumiaji, Kota Batu, Selasa (16/2/2021). (foto istimewa BPBD)
BPBD Jatim sedang melakukan pelatihan bencana kepada masyarakat di Desa Pandanrejo, Bumiaji, Kota Batu, Selasa (16/2/2021). (foto istimewa BPBD)

BATUTIMES -Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur membentuk satu desa tangguh bencana (destana) di Desa Pandanrejo, Bumiaji, Kota Batu, Selasa (16/2/2021). Kini total destana yang dimiliki Kota Batu ada 16 desa/kelurahan. 

Desa bencana terus dibangun mengingat  Kota Batu merupakan daerah dengan potensi bencana yang tinggi. Oleh karena itu, upaya BPBD bersama Forum Pengurangan Risiko Bencana melakukan edukasi kepada masyarakat dan menguatkan kemampuan masyarakat dalam menghadapi segala risiko bencana yang ada.

Dalam pelaksanaanya, warga dibekali pelatihan manajemen bencana. Mulai dari gejala-gejala timbulnya bencana, penanganan hingga pemulihan pasca-bencana.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Batu Gatot Noegroho mengatakan, pihaknya telah menerima surat dari BPBD Jawa Timur untuk memilih salah satu desa yang akan dibuat sebagai destana. Dan pihaknya kemudian memilih Desa Pandanrejo.

"Ya kami merekomendasikan Desa Pandanrejo. Nantinya BPBD Jatim dengan mobil edukasi penanggulangan bencana (mosipena) melatih warga Pandanrejo terkait bencana," ujarnya,

Bukan hanya Desa Pandanrejo yang bersatus destana. Nantinya ada penambahan empat desa/kelurahan di Kota Batu yang akan berstatus destana. Yakni  Desa Tlekung, Desa Oro-oro Ombo, Desa Beji, dan Desa Bumiaji.

"Keempat desa itu nanti, BPBD Kota Batu yang melakukan pelatihan.  Sedangkan Desa Pandanrejo akan dilatih BPBD Jatim," kata Gatot.

Tujuan tersebut dilakukan sebagaimana  Perka BNPB Nomor 1 tahun 2012 tentang pedoman umum desa/kelurahan tangguh bencana. "Kita sebagai BPBD Kota Batu dan BPBD Jatim berpedomannya di situ dalam hal pembentukan  Desa Tangguh Bencana," ucapnya.

Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim Hikmah Bafaqih sangat berharap agar warga Desa Pandanrejo bisa melakukan pengurangan ancaman bencana yang ada. "Jadi, tidak hanya formalitas. Dengan adanya destana ini, masyarakat diharapkan mampu mengurangi potensi bencana," ungkapnya saat pembentukan destana di Desa Pandanrejo.

Diketahui, tahun 2021, BPBD Jatim telah melakukan pelatihan bencana terhadap 702 desa/kelurahan di Jatim sebagai status destana.
 

Topik
Pemkot BatuDesa Tangguh Bencana Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru