Pulihkan Ekonomi Pariwisata Kota Malang, Kampung Tematik Masih Jadi Andalan Gaet Turis

Feb 16, 2021 15:13
Wisatawan saat berswa foto di area Kampung Warna-Warni Jodipan Kota Malang. (Ahmad Amin/MalangTIMES).
Wisatawan saat berswa foto di area Kampung Warna-Warni Jodipan Kota Malang. (Ahmad Amin/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Sektor pariwisata di Kota Malang memang cukup terdampak akibat covid-19. Namun, dengan era new normal atau adaptasi kehidupan baru, kini perlahan area wisata mulai digenjot aktivitas.

Hal tersebut sebagai salah satu upaya dalam memulihkan sektor pariwisata. Nah, di wilayah Kota Malang, pemulihan tersebut mulai dilakukan di kawasa wisata kampung tematik.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni mengungkapkan saat ini pihaknya tengah menggagas rencana pagelaran event-event wisata sebagai upaya pemulihan sektor pariwisata di Kota Malang. Ia menyebut event-event tersebut bakal diadakan di kampung-kampung tematik di Kota Malang mulai April hingga Desember 2021 mendatang.

“Mulai April 2021 nanti akan ada event-event yang diadakan oleh kampung-kampung tematik di Kota Malang. Itu yang kami tonjolkan. Mulai April hingga Desember 2021, kami sudah rencanakan ada 40 event,” ujarnya.

Sederet event tersebut  akan digelar di 21 kampung tematik di Kota Malang. Antara lain, Kampung Warna-Warni Jodipan, Kampung Kayutangan Heritage, Kampung Budaya Polowijen, dan Kampung Koeboeran Londo.

Konsep yang akan diunggulkan nantinyandengan mengangkat kearifan lokal yang dimiliki oleh masing-masing kampung tematik di Kota Malang. "Di situ nanti, event akan dilaksanakan di masing-masing kampung tematik. Jadi, kami ingin mengangkat local wisdom yang ditonjolkan kepada wisatawan melalui kampung tematik di Kota Malang," imbuh Ida Ayu.

Meski begitu, rencana pengadaan event yang akan dimulai pada April 2021 mendatang ini masih akan memperhatikan kebijakan yang ada. Apabila penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dari pemerintah pusat sudah usai, maka event wisata akan dijalankan sesuai dengan jadwal.

"Ini salah satu upaya kami untuk kembali mengundang wisawatan datang, melalui event-event itu. Kami mulai  April 2021. Itu pun bisa berubah lagi jika ada PPKM lagi," tandasnya.

Topik
Pemkot Malang Disporapar Kota Malang kampung tematik di Kota Malang event wisata

Berita Lainnya

Berita

Terbaru