Banyak Guru Besar, UIN Maliki Malang Kian Berkibar (1)

Luncurkan Program Akselerasi Guru Besar, Rektor UIN Malang Prof Haris Kukuhkan 19 Profesor Baru

Feb 16, 2021 09:27
Rektor UIN MALIKI Malang, Prof Abdul Haris (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Rektor UIN MALIKI Malang, Prof Abdul Haris (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Nama besar Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN MALIKI) Malang makin berkibar. Tidak hanya terkenal di seantero negeri ini tapi, juga di dunia internasional.

Meningkatnya kepercayaan dunia ini tak lepas dari peran besar sang Rektor UIN MALIKI Malang Profesor Dr Abdul Haris MAg. Profesor kelahiran Lamongan ini, punya gebrakan yang cemerlang untuk mendongkrak kepercayaan dunia melalui program Akselerasi Guru Besar (Gubes) di UIN MALIKI Malang.

Alumnus Pesantren Tebuireng, Jombang yang juga penulis sastra puisi ini berupaya keras mendorong para dosen untuk meraih puncak tertinggi karir dosen, menjadi profesor.

Hasilnya, sangat memuaskan. Terhitung sejak 2017 hingga 2021 Profesor Haris menjabat sebagai Rektor UIN MALIKI Malang, sebanyak 19 Guru Besar baru di kampus Islam terbesar di Kota Malang ini. Dengan demikian, saat ini tercatat ada 26 profesor di UIN MALIKI Malang. 

Ditemui saat ia tengah duduk di sebuah ruangan di lantai 4, gedung Rektorat, ia bercerita mengenai program akselerasi atau percepatan Guru Besar tersebut.  Di awal kedatangannya (mulai menjabat menjadi Rektor), Prof Haris itu menyayangkan akan kondisi manajemen pengelolaan.

Di balik nama besarnya pada saat itu, terdapat ketimpangan dengan sumberdaya manusia (SDM) yang memiliki gelar Guru Besar. Kampus yang mempunyai sarana dan prasarana, seperti halnya gedung-gedung megah dan mewah, hanya mempunyai sekitar lima Guru Besar.

"Kekurangan UIN pada saat itu pengembangan SDM-nya. Sarpras mendukung, punya gedung besar, punya tiga kampus tapi SDM ketika saya datang hanya lima guru besar. Ini sangat tidak imbang dibandingkan dengan kebesaran namanya," jelasnya.

Hal ini menurutnya merupakan hal yang tak wajar. Ia melihat terdapat sebuah hal yang harus dibenahi dan di-Create untuk kemudian diwujudkan secara real dalam sebuah gebrakan, yakni percepatan atau akselerasi Guru Besar.

"Motivasi, memfasilitasi maupun pembiayaan di-Support penuh dari lembaga. Hal ini sebagai stimulus, penyemangat agar teman-teman bisa fokus dalam meraih gelar Guru Besar. Kita terus berupaya mendorong teman-teman lainnya untuk bisa meraih Guru Besar, ini bagian dari kebijakan," ungkap pria kelahiran tahun 1962 ini.

Dan hasilnya, saat ini jumlah guru besar di UIN MALIKI Malang sudah semakin banyak. Berikut deretan nama 19 dosen yang telah berhasil meraih gelar Guru Besar selama Profesor Haris menjabat sebagai rektor. 

1. Prof Dr H Asman Sahlan MAg, merupakan Guru Besar Prodi Ilmu Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah. Ia dikukuhkan pada 9 Desember 2017.

2.  Prof Dr Hj Mufidah Ch MAg, merupakan Guru Besar bidang Ilmu Sosiologi Hukum Islam, Fakultas Syariah. Ia dikukuhkan pada tanggal 22 November 2018.

3. Prof Dr Umi Sumbulah MAg, merupakan Guru Besar bidang Ilmu Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah. Ia dikukuhkan pada 10 September 2019.

4. Prof Dr Mohammad Nur Yasin SH MAg, merupakan Guru Besar bidang Ilmu Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah. Ia dikukuhkan pada 10 September 2019.

5. Prof Dr Suhartono SSI MKom, merupakan Guru Besar bidang Ilmu Komputer Fakultas Sains dan Teknologi. Ia dikukuhkan pada 11 Desember 2019.

6. Prof Dr HM Zainuddin MA, merupakan Guru Besar bidang ilmu Sosiologi Agama, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan. Ia dikukuhkan pada 8 Januari 2020.

7. Prof Dr HA Muhtadi Ridwa MAg, merupakan Guru Besar bidang ilmu Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi. Ia dikukuhkan pada 12 Agustus 2020.

8. Prof Dr Drh Hj Bayyinatul Muchataromah MSi, merupakan Guru Besar bidang ilmu biologi. Ia dikukuhkan pada 12 Agustus 2020.

9. Prof Dr H Wahidmurni MPd, merupakan Guru Besar bidang ilmu Pendidikan Ekonomi di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan. Ia dikukuhkan pada tanggal 19 Agustus 2020.

10. Prof Dr H Salim Alidrus MM MAg, merupakan Guru Besar bidang ilmu Pengantar Bisnis di Fakultas Ekonomi. Ia dikukuhkan pada tanggal 19 Agustus 2020.

11. Prof Dr Hj Tutik Hamidah, merupakan Guru Besar bidang ilmu Ushul Fiqh di Fakultas Syariah. Ia dikukuhkan pada tanggal 27 Agustus 2020.

12. Prof Dr Achmad Sani, merupakan Guru Besar bidang Manajemen Sumberdaya Manusia di Fakultas Ekonomi. Ia dikukuhkan pada tanggal 27 Agustus 2020.

13. Prof Dr H Saifullah SH, merupakan Guru Besar bidang ilmu Hukum dari Fakultasnya Syariah. Ia dikukuhkan pada tanggal 14 Oktober 2020.

14. Prof Dr Agung Sedayu MT, merupakan Guru Besar bidang ilmu Teknik Sipil (manajemen konstruksi. Ia dikukuhkan pada tanggal 12 Januari 2021.

15. Prof Dr Turmudi MSi, merupakan Guru Besar bidang ilmu Pendidikan Matematika  di Fakultas Sains dan Teknologi. Ia dikukuhkan pada 12 Januari 2021.

16. Prof Dr Retno Susilowati MSi, merupakan Guru Bear5 bidang ilmu BiologiFakultas Sains dan Teknologi. Ia dikukuhkan pada 12 Januari 2021.

17. Prof Dr Roihatul Muti'ah SF Apt M.Farm, merupakan Guru Besar bidang ilmu Biologi Farmasi di Fakultas Ilmu Kesehatan dan Kedokteran. Saat ini masih menunggu waktu pengkukuhan.

18. Prof Dr Nur Asnawi MAg, merupakan Guru Besar bidang ilmu Ekonomi Islam di Fakultas Ekonomi. Saat ini masih menunggu waktu pengkukuhan.

19. Prof Dr H Roibin M HI, merupakan Guru Besar Ilmu Dirasah Islamiyyah (kajian Islam) di Fakultas Syariah. Saat ini masih menunggu waktu pengkukuhan.

 

Topik
UIN MalangUIN Maliki MalangRektor UINrektor uin prof abdul harisKampus UIN Malangakselerasi guru besar
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru