BMKG Karangploso Ingatkan Potensi Banjir Level Waspada di Kabupaten Malang

Feb 15, 2021 21:05
Relawan yang membersihkan sisa banjir di Ampelgading tahun lalu (foto dok JatimTIMES)
Relawan yang membersihkan sisa banjir di Ampelgading tahun lalu (foto dok JatimTIMES)

MALANGTIMES - Mulai hari ini hingga dua hari ke depan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi banjir level waspada akan terjadi di Jawa Timur, salah satunya di Kabupaten Malang. Potensi banjir level waspada tersebut karena akan ada hujan lebat di wilayah Jawa Timur dalam dua hari ke depan.

Forecaster BMKG Karangploso, Edythya Ferlani  mengatakan penyebab hujan lebat itu karena sepanjang bulan Februari ini untuk wilayah Indonesia masih dalam masa puncak musim hujan.

“Jadi karena arah angin dari barat, sehingga membawa uap air banyak dari wilayah samudra Hindia,” ungkap Edythya saat dikonfirmasi, Senin (15/2/2021).

Berdasarkan data dari BMKG, situasi itu bahkan tidak terjadi di wilayah Jawa Timur. Wilayah lain di seluruh Indonesia juga memiliki potensi hujan yang merata. “Mulai dari Sumatera, Sulawesi, Jawa, hingga ke Papua situasinya sama,” terang dia.

Yang lebih parah, untuk Kabupaten Malang diperkirakan akan terjadi risiko banjir level waspada di siang hari. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada dengan kejadian alam yang memungkinkan terjadi bencana.

“Jadi kami berharap, masyarakat Kabupaten Malang yang berada di area pegunungan waspada dengan adanya longsor. Begitu pun untuk wilayah metropolitan untuk waspada adanya potensi banjir,” tutup Edythya.

Topik
Berita Malangbanjir malangBMKGBMKG Karangploso
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru