Kayutangan Heritage Dilengkapi Panggung Musik Rutin, Wali Kota Sutiaji Siapkan Insentif

Feb 15, 2021 18:54
Jl Basuki Rahmat yang masuk kawasan Kayutangan Heritage. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Jl Basuki Rahmat yang masuk kawasan Kayutangan Heritage. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pembangunan proyek Kayutangan Heritage hingga kini terus berjalan. Sederet sarana prasarana penunjang di antaranya batu andesit dan sejumlah bangku-bangku di sekitar pedestrian juga telah terpasang. Fasilitas untuk penyelenggaraan pertunjukan rutin untuk  menyambut wisatawan lokal maupun asing juga tengah dipersiapkan. "Sebulan sekali nanti di Kayutangan Heritage ada festival dan pertunjukan musik-musik," kata Wali Kota Malang Sutiaji, Senin (15/2/2021).

Ia menjelaskan, penyelenggaraan pertunjukan di kawasan Kayutangan Heritage selain untuk memberikan hiburan bagi wisatawan yang datang, juga untuk memberikan ruang bagi para musisi lokal untuk unjuk kebolehan. Dengan demikian, nantinya dapat dikenal lebih luas. "Itu nanti jadwalnya akan diatur oleh teman-teman komunitas. Teman-teman dari musik kontemporer nanti main secara bergilir dan kami beri insentif," imbuhnya.

Lebih jauh, pengadaan event-event itu kata Sutiaji, juga menjadi salah satu upaya memfasilitasi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sebab, nantinya para pengusaha bisa memamerkan berbagai produk hasil usahanya dalam setiap event-event yang diadakan. "Nanti, akan kami siapkan tempat khusus bagi pelaku UMKM juga di setiap event khusus," jelasnya.

Di samping berbagai pertunjukan, di setiap wilayah perkampungan juga akan menjadi destinasi wisata heritage. Bahkan, dipoles sedemikian rupa untuk bisa dijadikan spot-spot berswa foto bagi para wisatawan.

Tak hanya itu, di dalam area perkampungan juga akan disediakan tempat-tempat asyik guna mewadahi para pemuda. "Kawasan kumuh seperti Polehan itu nanti kita ubah, di dalamnya ada wisata. Terus nanti kita buatkan tempat untuk kongkow-kongkow para pemuda, diberi lampu-lampu juga nanti," pungkasnya.

Untuk diketahui, pembangunan kawasan Kayutangan Heritage ini diprediksi mundur. Pemkot Malang menargetkan jika keseluruhan area akan bisa terselesaikan di akhir tahun 2021 mendatang.

Saat ini, petugas proyek juga tengah melakukan pembongkaran median jalan. Di mana, rencananya mulai dari Jl Basuki Rahmat hingga sepanjang kawasan Kayutangan Heritage itu akan diproyeksikan menjadi satu arah.

Topik
Berita Malang Kayutangan Heritage Pembangunan Kayutangan Heritage Wali Kota Malang wali kota sutiaji pertunjukan musik di kayutangan heritage

Berita Lainnya

Berita

Terbaru