Dishub Pasang ATCS, Jalan Raya Sawojajar Menjadi Jalan Kembar

Feb 14, 2021 17:37
Rambu-rambu lalu lintas yang telah dipasang di Jalan Raya Sawojajar oleh petugas dari Dinas Perhubungan Kota Malang, Minggu (14/2/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 
Rambu-rambu lalu lintas yang telah dipasang di Jalan Raya Sawojajar oleh petugas dari Dinas Perhubungan Kota Malang, Minggu (14/2/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 

MALANGTIMES - Petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang telah memasang rambu-rambu ATCS (Area Traffic Control System) di Jalan Raya Sawojajar. Hal itu membuat Jalan Raya Sawojajar menjadi jalan kembar usai penyelesaian pemasangan rambu-rambu lalu lintas dan ATCS. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub Kota Malang Handi Priyanto mengatakan, bahwa penempatan rambu-rambu lalu lintas dan ATCS di Jalan Raya Sawojajar yang menjadikannya sebagai jalan kembar merupakan tindaklanjut dari hasil rapat koordinasi bersama forum lalu lintas. 

Lanjut Handi, saat ini pihaknya sedang proses penyelesaian pemasangan rambu-rambu lalu lintas dan ATCS. Mulai dari rambu-rambu dilarang melintas sampai rambu putar balik sedang dalam proses penyelesaian pemasangan. 

"Kita sedang proses pemasangan rambu. Jika hari ini selesai, bakal kita terapkan  hari ini. Kalau besok selesai baru kita terapkan besok," ungkapnya kepada awak media ketika meninjau langsung pemasangan rambu-rambu di Jalan Raya Sawojajar, Minggu (14/2/2021). 

Jalan Raya Sawojajar yang terletak di kawasan ruko Sawojajar, dikatakan Handi, bahwa pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pengembang kawasan ruko terkait penyerahan wewenang. 

"Kita koordinasi dengan pengembang dan ini sudah dalam proses penyerahan," katanya. 

Handi menjelaskan, bahwa terkait jalan kembar yang berada di ruas Jalan Raya Sawojajar bahwa dibatasi oleh sungai kecil yang berada diantara Jalan Raya Sawojajar dan Jalan Raya Sawojajar yang berada di depan ruko-ruko. 

"Ini jadi jalan kembar, dibatasi oleh sungai dari sisi timur depan ruko-ruko. Kemudian sampai sisi barat, dari selatan ke utara," terangnya. 

Untuk menginformasikan kepada masyarakat luas terkait perubahan jalur di Jalan Raya Sawojajar, dikatakan Handi, pihaknya sudah mulai melakukan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat yang akan melintas di Jalan Raya Sawojajar. 

"Jadi nanti akan kita tempatkan personel secara manual dan akan kita lakukan sosialisasi. Kemungkinan selama dua minggu ini akan kita sosialisasikan terlebih dahulu," ujarnya. 

Sementara itu, Handi menyebutkan, di tahun 2020 juga telah dilakukan pemasangan rambu-rambu lalu lintas dan ATCS di sisi utara dan selatan. Pemasangan dilakukan untuk memantau pergerakan kendaraan yang berada di titik-titii rawan kecelakaan dan kemacetan. 

"Di sini rawan laka dan jalur padat. Setelah ATCS itu terpasang, saat ini kita terapkan murni jalan kembar di sini. Hal ini untuk memutus kepadatan arus di seputaran Sawojajar ini," pungkasnya.

Topik
area traffic control systemjalan raya sawojajarDishub Kota Malangjalan kembar sawojajarberita kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru