6 Hari PPKM Mikro, Kabupaten Malang Bebas Zona Oranye dan Merah

Feb 14, 2021 16:27
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Malang Suwadji, saat menjelaskan zona covid-19 selama PPKM skala mikro diterapkan. (Foto: istimewa)
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Malang Suwadji, saat menjelaskan zona covid-19 selama PPKM skala mikro diterapkan. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Memasuki hari ke-6 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro, di Kabupaten Malang dipastikan sudah tidak ada zona oranye maupun zona merah Covid-19.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang Suwadji, saat dikonfirmasi media online ini pada Minggu (14/2/2021) dini hari.

”Berdasarkan laporan yang kami terima hingga kemarin (Sabtu 13/2/2021) malam, di Kabupaten Malang tidak ada yang masuk zona oranye dan merah saat PPKM mikro,” katanya.

Seperti yang sudah diberitakan, dijelaskan Suwadji, tercatat ada 15.124 Rukun Tetangga (RT) diseluruh wilayah Kabupaten Malang yang menerapkan PPKM Mikro.

”Di wilayah Kabupaten Malang ada 15.124 RT, sedangkan jumlah RW (Rukun Warga) kalau tidak salah ada 3.155,” ungkapnya.

Dari belasan ribu RT yang melaksanakan PPKM mikro tersebut, dijelaskan Suwadji, mayoritas masuk dalam kategori zona hijau. ”Untuk jumlah RT yang masuk zona hijau ada 14.848,” imbuhnya.

Sedangkan 276 RT sisanya, lanjut Suwadji, hingga kemarin malam berstatus zona kuning Covid-19. ”Dari pendataan kemarin sore itu masih ada 7 RT yang masuk zona oranye, tapi pada waktu malamnya data yang kami peroleh 7 RT tersebut sudah berubah menjadi zona kuning. Saat ini ada 276 RT yang masuk zona kuning,” jelasnya.

Suwadji berharap, dengan adanya kebijakan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) Nomor 3 Tahun 2021 tentang PPKM mikro tersebut, seluruh wilayah di Kabupaten Malang bisa segera berubah menjadi zona hijau semua.

”Kepada wilayah yang sudah zona hijau tetap kita tekankan untuk menerapkan PPKM mikro, dengan tujuan status itu (zona hijau) tetap bisa dipertahankan,” ujarnya.

Sedangkan yang masih masuk kategori zona kuning, sesuai dengan Imendagri Nomor 3 Tahun 2021, diwajibkan kepada para warga yang terpapar Covid-19 untuk menjalani isolasi mandiri.

Namun jika kondisi kesehatannya semakin memburuk, maka akan diarahkan agar segera berkoordinasi dengan petugas medis atau Satgas Covid-19, untuk menjalani perawatan di rumah sakit rujukan.

Selain itu, warga yang tinggal ditingkat RT ini, juga diwajibkan untuk melakukan tracing kepada warga lainnya yang pernah kontak erat dengan pasien Covid-19 tersebut, dan juga diwajibkan untuk menjalani isolasi mandiri.

”Ya harapannya semoga 276 RT yang masih masuk zona kuning ini, segera menjadi zona hijau,” tandasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
ppkm mikroPPKM mikro Kabupaten Malangzona covid 19 kabupaten malangDPMD Kabupaten Malangkepala dpmd kabupaten malang suwadjiberita ppkm mikro

Berita Lainnya

Berita

Terbaru