Resmi Dilantik, Pengurus PWI Malang Raya 2021-2024 Bakal Hidupkan Sekolah Jurnalistik Indonesia

Feb 13, 2021 14:43
Pelantikan pengurus PWI Malang Raya yang bertempat di salah satu restoran di Araya, Sabtu (13/2/2021). (Foto: Anggara Sudiongko/MalangTIMES) 
Pelantikan pengurus PWI Malang Raya yang bertempat di salah satu restoran di Araya, Sabtu (13/2/2021). (Foto: Anggara Sudiongko/MalangTIMES) 

MALANGTIMES - Pengurus PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Malang Raya periode 2021-2024 akhirnya resmi dilantik di salah satu restoran di Araya, Sabtu (12/2/2021). 

Sebelumnya, terdapat beberapa serangkaian kegiatan acara yang dilakukan pengurus PWI Malang Raya. Di antaranya khotmil Quran, santunan kepada anak yatim piatu, dan silaturahmi virtual dengan para jurnalis senior serta para pejabat tinggi di Malang Raya. 

Ketua PWI Malang Raya periode 2021-2024 Cahyono dalam sambutannya mengatakan bahwa pelantikan pengurus PWI Malang Raya seharusnya digelar pada 28 Januari 2021 lalu.  Namun dikarenakan adanya PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) Kota Malang jilid kedua, pelantikan diundur. 

"Kami undur, kami menghormati jalannya PPKM. Untuk pelantikan ini, kami tetap menjalankan protokol kesehatan agar mencegah penularan covid-19. Kegiatan pelantikan pun kami gelar di tempat terbuka," ungkapnya di depan peserta yang hadir. 

Cahyono melanjutkan bahwa pihaknya juga tidak ingin pelantikan pengurus PWI Malang Raya menjadi klaster penyebaran covid-19. Maka, pihaknya menaati peraturan pemerintah dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

Menurut Cahyono, PWI Malang Raya periode 2021-2024 memiliki beberapa program kerja unggulan. Salah satunya akan mengoptimalkan SJI (Sekolah Jurnalistik Indonesia) yang nantinya dapat meningkatkan profesionalitas profesi wartawan Malang Raya. 

Selanjutnya dengan mengoptimalkan program kerja SJI,  jenjang tersebut dapat dijadikan persyaratan untuk mengikuti UKW (uji kompetensi wartawan). Selain itu,  PWI Malang Raya memiliki LPW (Lembaga Pemberdayaan Wartawan) dan PWI Malang Rescue. 

"Program-program itu nantinya menjadi prioritas utama kami. Tapi yang lebih utama dalam program kerja di tahun pertama adalah berupaya meningkatkan kesejahteraan anggota PWI Malang Raya," ungkapnya. 

Sementara itu, hadir pula dalam acara pelantikan  tersebut, Bupati LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Malang M. Zuhdy Achmadi. Pria yang akrab disapa Didik itu sempat menjabat sebagai Dewan Penasihat PWI Malang Raya di bawah kepemimpinan Sugeng Irawan beberapa tahun lalu.

Didik berharap kepengurusan di bawah nakhoda baru Cahyono, PWI Malang Raya bisa lebih solid lagi.  "Saya ucapkan selamat kepada Mas Cahyono dengan teman-teman pengurus yang lain. Sukses selalu PWI, bravo PWI," ucapnya. 

Dia menambahkan bahwa sudah muncul langkah-langkah strategis yang diambil  Cahyono bersama anggota pengurus PWI Malang Raya yang lain untuk peningkatan kemajuan jurnalis Malang Raya.  "Nah ini sudah ada indikasi untuk mengarah sedikit peningkatan kemajuan dibandingkan yang lalu-lalu. Adanya kerja sama dengan berbagai pihak. Salah satunya kerjasama dalam bidang pemberdayaan dengan LSM LIRA. Lah ini ada terobosan baru," tandasnya. 

Sebagai informasi, agenda pelantikan pengurus PWI Malang Raya periode 2021-2024 ini dihadiri seluruh pengurus terpilih, jajaran pengurus PWI Jawa Timur, serta peserta undangan dari berbagai instansi.

Topik
PWI Malang RayaPelantikan pengurus PWI Malang Raya

Berita Lainnya

Berita

Terbaru