Sederet Tokoh Pernah Bertemu Nabi Khidir, Begini Kisahnya

Feb 13, 2021 07:25
Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Nabi Khidir menjadi salah satu nabi yang kisahnya banyak diperdengarkan hingga hari ini. Selain memang masih disebut keberadaannya menjadi misteri, kisah Nabi Khidir selalu mengajarkan tentang ilmu hikmah.

Sederet tokoh pun disebut-sebut telah bertemu dengan Nabi Khidir. Mereka menjadi tokoh-tokoh yang sangat beruntung dan mendapatkan banyak pelajaran dari Allah SWT melalui Nabi Khidir.

Dilansir dari channel YouTube Islam Populer, setidaknya ada 4 tokoh yang pernah bertemu dengan Nabi Khidir. Lantas siapa saja tokoh itu dan bagaimana kisahnya? Berikut selengkapnya.

1. Ali Zainul Abidin

Pertemuan Ali Zainul Abidin dengan Nabi Khidir terjadi saat Ali dalam keadaan bersedih. Saat itu, Ali tengah bersedih dengan keadaan dunia dan tidak kepastian di akhirat. Ali pun didatangi seorang pria tampan yang berpakaian bersih. Diketahui jika pria tersebut merupakan Nabi Khidir.

Pria itu bertanya, "Wahai Ali bin al-Hasan, mengapa kau terlihat sedih dan tertekan? Apakah karena dunia? Ia adalah Rizki gang ada. Dimakan eh orang baik dan orang jahat?,".

Ali menjawab, "Bukan. Bukan karena dhnja aku bersedih. Karena dunia seperti yang kau takutkan,".

Lalu pria itu kembali bertanya, "Apakah karena akhirat? Ia adalah janji yang pasti. Urusan di dalamnya ditetapkan oleh Raja Yang Maha Kuasa?,".

Ali kembali menjawab, "Bukan. Bukan karena itu aku bersedih. Karena akhirat seperti yang engkau sampaikan,".

Sebelum menghilang, pria itupun memberikan nasihat kepada Ali bahwa Allah SWT pasti akan melindungi dan mengabulkan doa yang diucapkan oleh setiap hambanya.

2. Muhriz Ibnu Khalaf

Muhriz pernah bertemu dengan Nabi Khidir dan diceritakan dalam beberapa sanat. Dikisahkan jika salah satu pertemuan antara Muhriz dengan Nabi Khidir terjadi di sebuah Masjid.

3. Syekh Ibrahim Al-khawasah

Dalam sebuah perjalanan, Syekh Ibrahim menyampaikan jika dia pernah merasa kehausan dan bertemu dengan seorang laki-laki yang memberinya air. Bukan hanya itu, Syekh Ibrahim juga ditawari untuk menaiki kuda pria itu.

Lantas Syekh Ibrahim di bawa ke sebuah bukit tinggi di Madinah. Sebelum pergi, pria itu berkata, "Turunlah dan sampaikan salam dariku untuk Rasulullah SAW. Ucapkan olehmu saudaramu Khidir menyampaikan dalam kepadamu,".

4. Imam Al-Ghazali

Tokoh berikutnya yang pernah bertemu dengan Nabi Khidir adalah Imam Al-Ghazali. Bahkan pernikahannya berkaitan dengan pertemuan tersebut. Hal itu terjadi saat Imam Al-Ghazali pulang kampung dan menyambangi madrasah tempat ia menimba ilmu.

Di sana ia disambut sang guru dan tiba-tiba angin besar memporak-porandakan madrasah tersebut. Sang guru pun kemudian meminta Imam Al-Ghazali menemui Nabi Khidir atas robohnya madrasah tersebut.

Imam Al-Ghazali pun melakukan apa yang diperintahkan gurunya tersebut. Sebelum berangkat, sang guru memberikan petunjuk dimana Nabi Khidir. Sampai pada akhirnya, Imam Al-Ghazali menemukan kediaman Nabi Khidir.

Singkat cerita, Nabi Khidir kemudian menjawab pertanyaan dari Imam Al-Ghazali. Nabi Khidir menyampaikan jika angin tersebut datang untuk memperingatkan guru Imam Al-Ghazali. Karena ia memiliki anak gadis yang waktunya menikah, tapi belum juga dinikahkan.

Selain itu, Nabi Khidir juga memberikan petunjuk bahwa jodoh dari anak gurunya adalah Imam Al-Ghazali sendiri. Bahkan, Imam Al-Ghazali disebut jika saat itu dibawa oleh Nabi Khidir dan para malaikat ke langit ke tujuh.

Topik
Nabi Khidirkisah pertemuan nabi khidirkisah islami

Berita Lainnya

Berita

Terbaru