Peduli Korban Bencana, BEM dan Ormawa Unikama Turun Jalan Galang Dana

Feb 12, 2021 19:41
Nampak mahasiswa Unikama tengah melakukan aksi penggalangan dana untuk korban bencana dengan mengajak para pengendara sukarela memberikan bantuan dikawasan Dieng (Ist)
Nampak mahasiswa Unikama tengah melakukan aksi penggalangan dana untuk korban bencana dengan mengajak para pengendara sukarela memberikan bantuan dikawasan Dieng (Ist)

MALANGTIMES - Aktivias mahasiswa Universitas PGRI Malang (Unikama) turun jalan mengumpulkan sumbangan untuk korban bencana, Jumat (12/2/2021). Rencananya, dana yang terkumpul akan diberikan kepada korban bencana di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat.

Presiden Mahasiswa Unikama Syamsudin mengatakan, Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM) Unikama dan juga Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Unikama punya insiatif menggelar aksi galang dana untuka korban bencana. "Kita sebagai sesama mahluk sosial, sebagai sesama manusia, tentunya memang sudah berkewajiban untuk saling membantu dengan sesamanya," jelasnya.

Teknis penggalangan dana, dijelaskan Syamsudin dengan turun langsung ke jalan dan mendatangi para pengendara yang tengah berhenti di perlintasan yang terdapat rambu Traffic Light. Seperti di kawasan persimpangan jalan Mergan, persimpangan jalan di kawasan Janti maupun persimpangan jalan di kawasan Dieng. "Selain itu dari teman-teman juga ada yang membantu semampunya," jelasnya.

Meskipun dalam aksi penggalangan dana sempat mengalami lika-liku terkait perizinan, namun pihaknya bersyukur tetap bisa mengumpulkan bantuan untuk diberikan kepada korban  bencana. "Memang sempat ada problem, rencananya tiga hari, tapi karena terhambat proses perizinan, sempat didatangi Satpol PP, hari ini selesai," jelasnya.

Selanjutnya, hasil penggalangan dana tersebut akan disalurkan kepada korban bencana alam di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat, melalui Tim Relawan Siaga Peduli di Malang.

“Nantinya akan disalurkan ke tempat-tempat terdampak. Jadi, kami juga menghubungi beberapa relawan yang bisa menyambungkan kita ke sana. Terutama untuk korban yang terdampak gempa bumi Majene Sulawesi Barat, dan banjir besar yang melanda Kalimantan Selatan,” beber Syamsudin.

Selain untuk membantu korban bencana alam, aksi sosial penggalangan dana ini disebut Syamsuddin juga sebagai sarana merekatkan silaturahmi antar Ormawa Unikama maupun juga dengan masyarakat.

“Ini juga kegiatan yang bermanfaat untuk kita bersama, misalnya untuk menjalin solidaritas, menjalankan tanggung jawab Moral sekalu mahasiswa dan dalam kegiatan ini untuk membantu korban bencana alam yang terjadi di Indonesia beberapa hari lalu,” katanya.

Aksi sosial dari BEM Unikama dan Ormawa Unikama ini juga mendapatkan respons positif dan apresiasi dari masyarakat maupun pengendara. Banyak masyarakat maupun pengendara yang akhirnya secara sukarela kemudian memberikan bantuan. “Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama untuk menyalurkan sedikit rezeki untuk saudara kita yang kena bencana alam," pungkas Fiki, seorang warga sekitar Dieng.

 

 

 

Topik
Berita Malangkampus malangUnikamamahasiswa unikama

Berita Lainnya

Berita

Terbaru