Polres Malang Bakal Pasang Bendera Zonasi Covid Tiap RT-RW

Feb 12, 2021 11:56
Bupati Malang HM. Sanusi (kiri) saat memberikan sepotong tumpeng kepada Kapolres Malang AKBP Hendri Umar sebagai syukuran telah meraih Satwil Terbaik di Jatim pada ajang Kapolda Jatim Award. (Foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)
Bupati Malang HM. Sanusi (kiri) saat memberikan sepotong tumpeng kepada Kapolres Malang AKBP Hendri Umar sebagai syukuran telah meraih Satwil Terbaik di Jatim pada ajang Kapolda Jatim Award. (Foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)


MALANGTIMES - Polres Malang, yang baru berhasil mendapat predikat Kesatuan Wilayah (Satwil) terbaik pada Kapolda Jatim Award 2021, kembali mengeluarkan inovasi pada PPKM berskala mikro saat ini. Polres Malang akan membuat inovasi memasang bendera penyesuaian zona di setiap RT dan RW di Kabupaten Malang.

Inovasi yang dilakukan adalah memberikan bendera kepada RT dan RW di Kabupaten Malang sesuai dengan zona penyebaran covid-19 yang telah dipetakan. Dari informasi yang diterima media ini, rencananya pemasangan bendera itu akan dilakukan bersama Forkopimda Kabupaten Malang pada Minggu (14/2/2021).

“Itu bentuk inovasi saja. Ini (RT atau RW yang masuk, red) zona merah, zona kuning, zona hijau, atau zona oranye. Yang mantau bhabinkamtibmas dan babinsa,” ungkap Kapolres Malang AKBP Hendri Umar kepada MalangTIMES, Jumat (12/2/2021).

Dari pendataan yang telah dilakukan oleh Polres Malang, total kurang lebih ada 17 ribu RT dan RW  di Kabupaten Malang. Sehingga  Hendri berharap peran bhabinkamtibmas dengan dibantu muspika di masing-masing wilayah untuk pemasangan bendera tersebut sebagai tanda penanganan melalui kampung tangguh secara  lebih cepat.

Terkait hal itu, kapolres kelahiran Solok, Sumatera Barat, tersebut juga meminta setiap desa di Kabupaten Malang memiliki posko. Posko itu nantinya akan digunakan sebagai pemantauan perkembangan PPKM skala mikro setiap hari. “Kita buatkan poskonya, baru nanti langsung bertindak secara teknis dan taktis di daerah-daerah tersebut sesuai zonasi,” ujar kapolres.

Kapolres  juga memberikan atensi kepada anggotanya agar melaporkan perkembangan PPKM berskala mikro setiap hari. Hal itu juga untuk bahan evaluasi perkembangan PPKM sesuai Inmendagri 3 tahun 2021 dan SK Bupati Nomor 188.45/46/KEP/35.07.013/2021.

“Setiap hari kan mereka  (bhabinkamtibmas) selalu di sana. Bhabinkamtibmas itu kan setiap hari tugasnya di masyarakat. Jadi, pasti kalau ada kejadian, langsung dilaporkan,” kata kapolres.

Sementara, rencananya Bupati Malang HM. Sanusi beserta jajaran akan ikut dalam pemasangan bendera tanda zonasi penyebaran covid-19 di RT dan RW.

 

Topik
Polres MalangInovasi Polres MalangPemkab MalangZonasi covidKabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru