Ilustrasi Pengamanan surat suara (Foto: Googleimage)
Ilustrasi Pengamanan surat suara (Foto: Googleimage)

MALANGTIMES - KPU Kabupaten Malang tak main-main dalam menyambut pemungutan suara pilkada Kabupaten Malang, 9 Desember 2015, demi mengamankan surat suara pihaknya memberikan tiga lapis pengamanan untuk surat suara.

Baca Juga : Hingga Pertengahan April, 4 Kali Tanah Longsor Terjadi di Kota Batu

"KPU Kabupaten Malang pasca melakukan approving surat suara secara berkelanjutan kita proses, pertama prooving desain kemudian prooving surat suara akhir yang kita sepakati bersama, kita bersegera melaksanakan pengadaan surat suara termasuk dengan pengamannya," terang Santoko, Ketua KPU Kabupaten Malang kepada MALANGTIMES. 

Jumlah surat suara yang akan di cetak berdasarkan data Daftar Pemilih Tetap DPT beserta 2,5 persen surat suara di tiap TPS yang total berjumlah 2.104.322 surat suara. 

Untuk pengamanan surat suara yang dimaksud terdapat security text atau kode pengamanan yang memang harus ada berdasarkan Surat Edaran (SE) dari KPU RI terkait pengamanan surat suara. 

"Kita menggunakan tiga security text atau kode pengamanan yang pertama hidden image atau gambar tersembunyi, kemudian micro text ada teks kecil, dan berikutnya hologram," jelas Santoko. 

Baca Juga : Musim Melaut, Para Nelayan yang Berlabuh di Kabupaten Malang Bakal Disemprot Antiseptik

Kenapa membuat tiga pengamanan? karena menurutnya KPU konsisten dan serius mengadakan pengamanan terhadap pengadaan logistik, salah satunya adalah surat suara. 

"Meskipun di PKPU hanya ada dua pengaman yang diatur yaitu hidden image dan micro text saja namun kita buat satu tambahan pengaman lagi yaitu kita tambahkan hologram," tandasnya. 
 
Santoko menjelaskan untuk ketiga lapis pengaman tersebut hanya diketahui beberapa pihak terkait, "Yang tahu kita dan pihak-pihak terkait," pungkasnya. (*)