Paska Diterjang Banjir, Luapan Air Menggerus Plesengan Sungai hingga Tembok Rumah Warga

Feb 11, 2021 15:43
Plengsengan ambrol dan menimpa tembok rumah milik warga di Jalan Diponegoro RT 04 RW 08 Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo Kota Batu, Kamis (11/2/2021) (BPBD Kota Batu)
Plengsengan ambrol dan menimpa tembok rumah milik warga di Jalan Diponegoro RT 04 RW 08 Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo Kota Batu, Kamis (11/2/2021) (BPBD Kota Batu)

BATUTIMES - Paska hujan dengan intensitas tinggi serta banjir menyebabkan aliran air pada saluran drainase meluap dan menggerus plengsengan. Akibatnya plengsengan ambrol dan menimpa tembok rumah milik warga di Jalan Diponegoro RT 04 RW 08 Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan, plengsengan berdimensi tinggi 3,5 m, panjang 16 m, dan lebar 3 m itu ambrol hingga menimpa tembok rumah milik warga sekitar yakni Maliki Yaumaiddin dan gudang milik Rochim.  

"Plengsengan ambrol ini disebabkan paska intensitas hujan yang tinggi serta banjir waktu lalu," ucapya, Kamis (11/2/2021).

Tidak hanya plengsengan dan bangunan warga saja yang mengalami kerusakan, luapan air sungai itu menyebabkan pipa PDAM terputus dan material longsor dari plengsengan tersebut menutup saluran drainase.

"Jadi kita langsung membersihkan material longsor yang menutup saluran drainase, dan berkoordinasi dengan pihak PDAM," ujarnya.

Dengan kejadian tersebut, pihaknya bersama perangkat Kelurahan Dadaprejo, Agen Bencana Provinsi Jawa Timur, Garda Relawan, dan warga setempat melakukan perbaikan plengsengan yang jebol.

"Sementara kami memberikan bantuan berupa terpal dan karung untuk menutup plengsengan," tandasnya.

 

Topik
banjir kota batuluapan air banjirplengsengan jebolberita bencana kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru