Bagus Setiawan (17) ditemui di sekolahnya sebelum berangkat ke Jakarta untuk mengikuti LDK nasional, Selasa (17/11/2015) pagi tadi.(tristania dyah/malangtimes)

Bagus Setiawan (17) ditemui di sekolahnya sebelum berangkat ke Jakarta untuk mengikuti LDK nasional, Selasa (17/11/2015) pagi tadi.(tristania dyah/malangtimes)


Editor


MALANGTIMES - SMK PGRI 3 Malang berhasil mengirimkan siswanya, Bagus Setiawan mewakili provinsi Jawa Timur dalam kegiatan latihan dasar kepemimpinan (LDK) di Jakarta yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) untuk tingkat SMK.

LDK merupakan program tahunan Kemendikbud untuk mengembangkan skill kepemimpinan siswa SMK. Pada tahun ini, Kemendikbud membuka kesempatan kepada seluruh siswa SMK yang menjadi anggota OSIS untuk ikut serta. Namun, pemilihannya sangat ketat karena hanya dipilih kurang lebih sembilan orang setiap provinsi. 

"Kalau di Jawa Timur hanya dua orang saya dari Malang, dan satu lagi dari Mojokerto. Dari provinsi lain saya belum tau," kata Bagus ditemui di sekolahnya, Selasa (17/11/2015) pagi tadi.

Bagus merupakan ketua umum OSIS SMK PGRI 3 Malang. Bakat kepemimpinan Bagus sudah terlihat sejak ia duduk di sekolah dasar. Bergabung dengan pramuka, ia beberapa kali menjadi pemimpin dan pembina dalam regunya.

Siswa kelas 10 jurusan Pembangkit Listrik Alam (PBA) ini sering secara spontan atau tanpa pemilihan umum diminta oleh teman-temannya untuk menjadi ketua kelas. 

Dalam LDK yang akan dibuka di Istana Presiden, Selasa (17/11/2015) siang ini, Bagus harus membawakan pidato tentang  diri dan sekolahnya. "Ini sudah dipersiapkan pidatonya dari jauh hari , namun untuk kegiatan lain selama LDK saya belum tahu," kata anak bungsu dari dua bersaudara ini.

Terpilihnya Bagus mewakili provinsi Jawa Timur tentunya tidak hanya membanggakan dirinya sendiri, namun juga sekolahnya.

Kepala sekolah SMK PGRI 3 Malang, Muhammad Lukman Hakim mengatakan begitu bangga melihat siswanya mampu mengharumkan nama sekolah. Keikutsertaan Bagus ini diharapkan mampu membawa OSIS SMK PGRI 3 lebih kreatif dan berkembang.

"Bagus ini baru terpilih jadi ketua umum osis ditahun ajaran 2015/2016 ini, bahkan belum dilantik. Saya harapkan setelah ikut LDK ilmu disana dapat diimplementasikan saat memimpin OSIS disini," tutup Lukman. (*)

End of content

No more pages to load