Silaturahmi ke MUI, DPD PKS Kota Malang Apresiasi Program Ketahanan Keluarga

Feb 11, 2021 10:15
Silaturahmi DPD PKS ke kantor MUI Kota Malang. (Foto: Istimewa).
Silaturahmi DPD PKS ke kantor MUI Kota Malang. (Foto: Istimewa).

MALANGTIMESĀ  - Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kota Malang mengunjungi Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Malang. Pertemuan yang dilangsungkan pada Rabu (10/2/2021) tersebut bertujuan merawat kerukunan antarumat beragama dan saling menjaga persatuan dan kesatuan umat Islam di Kota Malang.

Ketua DPD PKS Kota Malang Ernanto Djoko Purnomo mengungkapkan, ajang silaturahmi ini juga sebagai salah satu bentuk membangun sinergitas antarumat beragama. Dalam hal ini, tokoh-tokoh agama juga turut terlibat dalam pengawasan pembangunan daerah.

"Kami siap sinergi dengan MUI Kota Malang dalam beramar ma'ruf nahi mungkar di Kota Malang. Mulai dalam hal pengawalan kebijakan Pemerintah Kota Malang, pengawasan penyusunan peraturan daerah serta alokasi anggaran untuk kebaikan rakyat dan umat," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, DPD PKS mengapresiasi program ketahanan keluarga dari MUI. Hal itu disampaikan oleh Kabid Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPD PKS Kota Malang dr Khusnul Aqila.

Dari data yang tercatat, program ini mampu menekan angka perceraian yang tinggi akibat ketidaksiapan pasangan suami istri (pasutri) memasuki jenjang pernikahan, terutama pada pasangan pernikahan dini.

Melalui program inilah, perceraian bisa diantisipasi dengan lebih menggiatkan pembekalan pranikah bagi calon pengantin. Di samping itu, program ini banyak memberikan edukasi bagi pasutri yang belum paham tentang fikih pernikahan. Di antaranya bab talak. "Alhamdulillah MUI punya perhatian yang besar terhadap ketahanan keluarga" imbuhnya.

Karena itu, ke depan akan dibentuk sinergitas dalam pembinaan ketahanan keluarga bersama BPKK DPD PKS Kota Malang. "Dan saya rasa tepat sekali di kepengurusan DPD PKS Kota Malang ada bidang khusus untuk pembinaan ketahanan keluarga. Insya Allah kami siap bekerja sama," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum MUI Kota Malang KH Chamzawi menyatakan program-program yang telah dijalankan MUI ini sebagai bentuk amanah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Pihaknya juga siap untuk bersinergi mengurus apa yang menjadi kebutuhan publik dengan DPD PKS Kota Malang. "Mari sama-sama kita wujudkan visi Kota Malang menjadi Malang bermatabat," ucapnya.

Topik
DPD PKS Kota MalangMUI Kota Malangprogram ketahanan keluarga

Berita Lainnya

Berita

Terbaru