50 Personel Polres Malang Donor Darah Plasma Konvalesen

Feb 10, 2021 19:19
Salah satu personel Polres Malang saat donor darah plasma konvaselen (foto: Humas Polres Malang for MalangTIMES)
Salah satu personel Polres Malang saat donor darah plasma konvaselen (foto: Humas Polres Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - 50 eks pasien covid-19 dari Polres Malang mengikuti donor plasma konvalesen, Rabu (10/2/2021). Hal itu sebagai upaya ikut membantu proses penyembuhan masyarakat yang masih terpapar covid-19.

Kepala Bagian Sumber Daya (Kabagsumda) Polres Malang Kompol Cicik Darwati mengatakan kegiatan ini merupakan bakti sosial untuk mendukung upaya penanganan covid-19. “Harapannya darah yang kita sumbangkan dapat bermanfaat bagi orang lain,” kata Cicik Darwati.

Pada kegiatan donor darah plasma konvalesen itu, Polres Malang dibantu PMI Kota Malang karena PMI Kabupaten Malang belum memiliki alat untuk pengambilan darah tersebut. “Saat ini bekerja sama dengan PMI Kota Malang, karena PMI Kabupaten Malang belum memiliki alatnya,” terang Cicik.

Kegiatan ini pun dikatakan Cicik Darwati bisa menjadi contoh bagi instansi lain agar juga bersedia mendonorkan darahnya untuk penanganan pasien covid-19.

“Kami harap juga dari PMI Kabupaten Malang nantinya bisa melaporkan kepada Bupati untuk mengkoordinir para instansi lainnya untuk dapat berpartisipasi dalam melaksanakan donor plasma ini,” papar Cicik.

Sementara itu perwakilan PMI Kota Malang, dr Taqdir menyampaikan bahwa donor darah plasma konvalesen bisa diberikan kepada pasien kategori dari sedang sampai berat seperti yang memiliki komorbid (penyakit bawaan). “Tapi donor darah itu harus atas perintah dari dokter yang menangani pasien covid-19 tersebut,” kata Taqdir.

Di sisi lain menanggapi usulan Kabagsumda Polres Malang, Taqdir mengaku akan mempertimbangkan hal tersebut sebagai upaya penanganan pasien covid-19. “Masukan yang ada tetap akan menjadi catatan bagi kami, seperti untuk mencakup instansi lainnya,” tutup Taqdir.

 

Topik
Berita MalangDonor Darahkebutuhan plasma konvalesengerakan donor plasma konvalesen

Berita Lainnya

Berita

Terbaru