Jubir KPK di Kota Batu: Ada 9 Orang Saksi yang Diperiksa

Feb 10, 2021 15:47
Penyidik KPK memasuki ruang Reskrim Polres Batu, Rabu (10/2/2021)
Penyidik KPK memasuki ruang Reskrim Polres Batu, Rabu (10/2/2021)

BATUTIMES - Plt Jubir KPK Ali Fikri sebut ada 9 orang yang diperiksa di Polres Batu. 

Diantaranya, Kepala Bagian Umum PT. Kusumantara Graha Jayatrisna Estate Abdul Jamal, Kepala DPUPR Alfi Hidayat, Kepala DPKPP Eko Suhartono, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan dan Jasa Pemkot Batu Endro Wahjudi, Kepala Dispenda M Chori.

Kemudian Kepala Bagian Hukum Setda Kota Batu Muji Dwi Leksono, Kepala Disdik Eny Rachyuningsih dan Kepala Diskominfo Agoes Machmoedi. 

"Kesembilan saksi tersebut, dilakukan penyitaan barang bukti yang sebelumnya telah mendapatkan izin Dewas KPK diantaranya berbagai dokumen yang terkait dengan perkara ini," ujarnya.

Sementara itu, KPK sejak pukul 10.00 WIB hingga 11.00 WIB, telah kembali melakukan pemeriksaan di Polres Batu, Rabu (10/2/2021).

Sekitar 5 penyidik KPK dengan membawa koper berwarna hitam menuju ruangan Reskrim Polres Batu.

Dalam pantauan, terlihat Sekda Pemkot Batu Zadim Effisiensi berada di Polres Batu. Namun ia maupun pihak KPK tidak memberikan penjelasan apapun.

Sampai berita ini ditulis, pihak KPK dan para saksi tidak memberikan tanggapan.

Pemberitaan sebelumnya, Sejak bulan Januari 2021, Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) telah melakukan penggeledahan di balai Kota Batu terkait tindak pidana korupsi gratifikasi yang melibatkan mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko (ER) tahun 2011-2017.

Namun kini, dikabarkan KPK telah memeriksa 4 orang di Polres Batu, Selasa (9/2/2021). Diantaranya Kepala Bagian Umum PT Kusumantara Graha Jayatrisna Estate Abdul Jamal, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu Alfi Nurhidayat, Plt Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kota Batu Eko Suhartono, dan Kepala Bagian Pengadaan Barang Dana Jasa Pemkot Batu Endro Wahjudi.

Menurut keterangan anggota Polres Batu, memang telah mendengar kabar bahwa KPK telah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa orang. Namun ia tidak tahu menahu jika pemeriksaan tersebut di Polres Batu.

"Saya sempat mendengar kalau Pak Eko Suhartono diperiksa KPK. Tapi saya tidak tahu kalau pemeriksaan itu di Polres Batu atau tidak," ujar anggota Polres Batu yang tidak disebut namanya.

Sementara itu, Plt Jubir KPK Ali Fikri melalui pesan singkatnya hanya memberikan sedikit kalimat.

"Iya itu memang tindak lanjut dari pemeriksaan KPK kemarin lalu di Pemkot Batu," ujarnya.


 

 

Topik
KPKkpk di kota batusaksi kpkpemeriksaan KPKberita kpk di kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru