Maling Sasar SDN Sawojajar 1, Motor Guru Amblas Saat Rapat Persiapan PPKM Mikro

Feb 08, 2021 17:56
Screenshots CCTV yang menunjukkan gerak-gerik pelaku saat mencuri sepeda motor milik Sufia Dewi (46) di SDN Sawojajar 1, Senin (8/2/2021). (Foto: Istimewa) 
Screenshots CCTV yang menunjukkan gerak-gerik pelaku saat mencuri sepeda motor milik Sufia Dewi (46) di SDN Sawojajar 1, Senin (8/2/2021). (Foto: Istimewa) 

MALANGTIMES - Maling sepeda motor kembali beraksi. Kali ini menyasar SDN Sawojajar 1 yang berlokasi di Jalan Raya Sawojajar, Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Aksi pencurian itu membuat satu unit sepeda motor matic dengan plat nomor N-4319-BAQ milik Sufia Dewi (46) amblas, Senin (8/2/2021). 

Saat peristiwa pencurian berlangsung, aksi maling sepeda motor tersebut terekam kamera CCTV (Closed Curcuit Television) SDN Sawojajar 1 Kota Malang. Di mana, saat bersamaan para guru sedang berkumpul di salah satu ruangan untuk melangsungkan rapat terkait jadwal piket selama penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Mikro. 

"Saya bersama guru-guru lainnya masuk sekolah pada pukul 07.00 WIB untuk melakukan rapat membahas piket sekolah selama pelaksanaan PPKM Mikro," ujar Sufia Dewi kepada pewarta. 

Saat pelaksanaan rapat, sepeda motor milik Sufia Dewi diletakkan tidak jauh dari gerbang sekolah, terparkir bersama sepeda motor milik guru lainnya. 

"Sepeda motor saya yaitu Honda Beat nopol N-4319-BAQ diparkir tak jauh dari gerbang sekolah. Selain motor saya, di lokasi parkir juga ada beberapa sepeda motor milik guru lainnya," terangnya. 

Lanjutnya, dirinya tidak merasakan kecurigaan sama sekali saat menuju ruang rapat. Sekitar pukul 10.00 WIB rapat pembahasan piket guru selama PPKM Mikro pun telah usai. Sufia pun bergegas menuju tempat terparkirnya sepeda motor miliknya. Dirinya pun kaget setelah melihat di tempat parkir, sepeda motor miliknya yang sebelumnya terparkir dengan sepeda motor milik guru lainnya hilang. 

"Saat mau mengambil sepeda motor, ternyata sudah tidak ada di parkiran. Justru yang ada malah helmnya saja (berada di bawah, red)," ujar guru kelas 4 di SDN Sawojajar 1 Kota Malang ini. 

Mengingat lokasi SDN Sawojajar 1 Kota Malang yang juga dilengkapi kamera CCTV di beberapa titik, Sufia pun langsung segera mengecek ruang monitor CCTV untuk melakukan pengecekan lokasi parkiran sepeda motor. 

"Ternyata benar sepeda motor saya dicuri. Berdasarkan rekaman kamera CCTV, pelaku terlihat memakai hoodie warna hitam, bermasker dan memakai helm warna merah. Pelaku melakukan aksinya sekitar pukul 09.00 WIB," terangnya. 

Dilihat dari tangkapan kamera CCTV, dikatakan Sufia, pelaku melangsungkan aksinya melalui pintu gerbang SDN Sawojajar 1 Kota Malang yang tidak tergembok. 

"Gerbang itu sedang tidak dijaga oleh penjaga sekolah. Saat kejadian, penjaga sekolah sedang bersih-bersih di bagian belakang sekolah. Sehingga tidak menjaga dan mengawasi gerbang (depan, red) sekolah," jelasnya. 

Sufia melanjutkan, bahwa berdasarkan hasil tangkapan kamera CCTV, pelaku dua kali masuk ke area SDN Sawojajar 1 Kota Malang dan sempat menyasar daerah stang dan tempat kunci sepeda motor milik Sufia. 

"Motor saya dalam kondisi stang terkunci. Dari rekaman kamera CCTV tersebut pelaku masuk dan merusak rumah kunci kontak motor saya. Setelah itu pelaku keluar ke pintu gerbang. Tak berselang lama, pelaku kembali masuk dan langsung menyalakan mesin, kemudian membawa kabur motor saya ke arah utara," ungkapnya. 

Setelah mengetahui hal tersebut melalui kamera CCTV, Sufia langsung melaporkan kejadian pencurian sepeda motor miliknya ke Polsek Kedungkandang. Dirinya pun berharap agar sepeda motor matic yang baru saja ia beli pada Bulan Juli 2020 tersebut dapat kembali dengan utuh. Karena untuk kebutuhan aktivitas kerja dirinya sebagai guru di SDN Sawojajar 1 Kota Malang. 

Sementara itu, Kapolsek Kedungkandang Kompol Yusuf Suryadi menuturkan, bahwa jajarannya telah merespon laporan dari korban atas nama Sufia Dewi. Sesegera mungkin pihaknya bersama anggota akan melakukan penyelidikan terkair pencurian sepeda motor milik guru SDN Sawojajar 1 Kota Malang tersebut. 

"Kami sudah menerima laporan dari korban. Kami akan lakukan penyelidikan dengan mengecek ke lokasi kejadian. Lalu mengumpulkan keterangan para saksi yang berada di sekitar lokasi kejadian," ujarnya. 

Yusuf pun akan berupaya secepat mungkin agar pelaku dapat tertangkap dan sepeda motor matic milik korban atas nama Sufia Dewi dapat kembali dengan utuh.

 "Kami upayakan agar pelaku dapat secepatnya tertangkap," pungkasnya.

Topik
kasus curanmorcuranmor di malangcuranmor di di SDN Sawojajar 1Aksi pencurian motorkriminal malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru