Dua Nama Disebut-sebut Akan Nakhodai Demokrat Kota Malang

Feb 06, 2021 19:29
Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Malang saat ditemui awak media, Jumat (5/2/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)
Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Malang saat ditemui awak media, Jumat (5/2/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dua minggu pasca-meninggalnya Ketua DPC (Dewan Pimpinan Cabang) Partai Demokrat Kota Malang Arif Darmawan, jajaran pengurus DPC Partai Demokrat Kota Malang belum menyiapkan nama-nama untuk diusulkan kepada DPP (Dewan Pengurus Pusat) untuk menjadi pelaksana tugas (plt) ketua DPC Partai Demokrat Kota Malang. 

Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Malang Adi Sancoko mengatakam bahwa pihaknya masih dalam suasana berkabung dan hingga sampai saat ini masih belum terdapat nama-nama yang bakal diusulkan kepada jajaran pengurus DPP melalui DPD (Dewan Pengurus Daerah) Partai Demokrat Jawa Timur. 

"Kami sudah musyawarah dengan beberapa tokoh lokal di internal partai, yakni dewan pembina dan dewan penasihat partai. Kami akan mengajukan secara resmi plt ketua kepada DPP melalui DPD Jawa Timur. Tetapi ini belum kami lakukan karena  masih dalam suasana berkabung," jelasnya saat ditemui pewarta, Jumat (5/2/2021). 

Selain mengajak musyawarah jajaran tokoh internal Partai Demokrat Kota Malang, pihaknya juga mengajak musyawarah jajaran pengurus dari tingkat DPC, PAC hingga ranting, untuk kebaikan Partai Demokrat Kota Malang.  "Dalam hal ini penentuan plt ketua. Terlepas nama dan siapa itu nanti, kami belum. Nanti paling nggak ada masukan dari teman-teman. Kira-kira bagaimana," ujarnya. 

Menurut Adi, seperti pengalaman sebelumnya, dalam penunjukan plt ketua DPC Partai Demokrat Kota Malang, yang menentukan jajaran DPP Partai Demokrat. "Pengalaman sebelumnya itu plt dari tingkatan DPD. Untuk yang ini, kami belum menentukan siapa yang diajukan ke DPP," kata dia. 

Meskipun untuk saat ini belum ditentukan nama siapa yang bakal diajukan kepada DPP Partai Demokrat,  Adi mengatakan bahwa pihaknya dalam waktu dekat akan segera mengajukan surat secara resmi kepada DPP melalui DPD untuk menunjuk nama siapa yang akan mengisi posisi plt Ketua DPC Partai Demokrat Kota Malang.  "Yang jelas DPC Demokrat Kota Malang ini membutuhkan sosok yang bisa mengayomi, bisa diterima oleh semua elemen, tidak bersentuhan dengan hukum dan sebagainya. Terakhir mungkin yang paling pokok adalah bisa menjalankan roda organisasi," ungkapnya. 

Sementara itu, terkait rumor yang beredar terdapat dua nama yang bakal menempati posisi plt ketua DPC Partai Demokrat Kota Malang, yakni Sutiaji yang saat ini diamanahi sebagai wali kota Malang dan Fajar Kuswardhana yang merupakan kader senior Partai Demokrat Kota Malang, Adi pun menegaskan bahwa pihaknya belum bisa menjawab karena belum ada satu nama pun yang diajukan ke DPP Partai Demokrat.  "Jadi, sampai hari ini karena saya juga sebagai yang bertanggung jawab untuk menentukan plt-nya, untuk pengajuan secara resmi, saya belum. Jadi, belum ada satu nama pun baik itu Pak Sutiaji maupun Pak Fajar, belum ada suatu keputusan secara resmi," ucapnya. 

Nantinya, jika telah ditunjuk nama Plt Ketua untuk menakhodai DPC Partai Demokrat Kota Malang, yang bersangkutan harus melanjutkan tongkat estafet kepengurusan Arif Darmawan dengan periode kepengurusan 2017-2022.  "Nah setelah adanya plt nanti, kita mau menyelesaikan sampai selesai. Bahwa nanti plt ketua ini berkewajiban untuk mendampingi, mengawal sampai adanya musyawarah cabang," pungkasnya.

Topik
DPC Partai Demokrat Kota MalangPlt Ketua DPC

Berita Lainnya

Berita

Terbaru