Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Kabar Baik, Nelayan Akan Dapat Uang Pensiun

Penulis : Mariano Gale - Editor : Heryanto

06 - Feb - 2021, 12:36

INDONESIATIMES- Kabar baik bagi nelayan meluncur dari negara. Pasalnya, nelayan akan mendapatkan uang pensiun melalui program jaminan hari tua. 

Program ini direncanakan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. Dengan harapan uang pensiun bisa memberikan perlindungan dan meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Tapi, program jaminan hari tua ini akan terlebih dahulu diberlakukan di 3 wilayah pengelolaan perikanan (WPP). Tepatnya di Provinsi Maluku yang juga akan dikembangkan sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN). Di mana, para nelayan yang akan mendapat uan pensiun harus memiliki asuransi kecelakaan, asuransi kesehatan, dan tunjungan hari tua.

"Nah, jadi nelayan di 3 WPP akan mendapatkan jaminan hari tua jika sudah tidak melaut lagi. Ini yang harus dipersiapkan," ucapnya, Sabtu (6/2/2021).

Selain itu, ia juga berencana untuk melakukan perubahan pada sistem penangkapan ikan serta melakukan pengawasan terhadap kapal-kapal penangkap ikan.

"Yang pasti ini akan meningkatkan produktivitas para nelayan. Dan juga menjaga keberlangsungan populasi ikan di laut Indonesia," ujarnya.

Seperti diketahui di tengah pandemi ini, nasib para nelayan semakin memprihatinkan. Sekretaris Jendral Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) Susan Awati mengungkapkan, persoalan para nelayan yang dihadapi yakni menurunnya pendapatan serta naiknya harga bahan pokok.

"Para nelayan posisinya paling bawah dalam struktur kemiskinan sebelum pandemi covid-19 ini. Apalagi saat ini kan," ujarnya.

Maka dari itu, ia berharap adanya bantuan terhadap para nelayan yang terdampak pandemi Covid-19.

"Pemerintah wajib mengutamakan keselamatan masyarakat pesisir, bukan mengimbau makan ikan," ujarnya.
 

 


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mariano Gale

Editor

Heryanto