Manfaatnya Lahan Kosong, Pemkot Malang Komitmen Lakukan Penghijauan

Feb 05, 2021 11:23
Wakil Walikota Malang, Sofyan Edy Jarwoko (empat dari kiri) saat berada di SDN 6 Purwantoro, melakukan penanaman pohon (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Wakil Walikota Malang, Sofyan Edy Jarwoko (empat dari kiri) saat berada di SDN 6 Purwantoro, melakukan penanaman pohon (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemerintah Kota Malang berkomitmen untuk menghijaukan seluruh kawasan Kota Malang. Hal itu dilakukan dengan gencarnya melakukan penanaman pohon diberbagai lokasi di Kota Malang, termasuk juga dikawasan sekolah. Seperti halnya yang dilakukan Wakil Walikota Malang, di SDN Purwantoro 6, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jumat (5/1/2021).

Wakil Walikota Malang, Sofyan Edy Jarwoko mengatakan, jika penanaman pohon ini dilakukan diberbagai lokasi dengan memaksimalkan space atau lahan yang ada untuk penghijauan.

"Ada yang di wilayah kampung, sekolahan dan yang lainnya. Selama masih ada lahan dan bisa ditanami, terus pihak warga atau sekolahan ingin menanam kita akan kasih bibit pohon," jelasnya.

Pihaknya semakin antusias melakukan penanaman pohon di SDN 6 Purwantoro, lantaran sekolah tersebut juga merupakan sekolah salah satu peserta Adhywiyata tingkat provinsi. Sehingga, dalam hal penghijauan tentunya menjadi sebuah hal yang biasa dilakukan.

“Berkebun, melakukan penghijauan, kemudian melakukan perawatan itu tak bisa instan. Menata lingkungan tak bisa dengan waktu yang cepat. Butuh proses untuk hasil nanti tentu sangat mempunyai manfaat besar,” kata pria yang akrab disapa Bung Edi itu.

Sementara itu, dalam penanaman pohon itu, Wakil Walikota Malang menanam pohon jenis Pule dihalaman sekolah SDN Purwantoro 6. Pohon pule sendiri, terkenal dengan aroma bunganya yang khas. Selain itu, pohon yang memiliki nama latin Alsthonia scholaris ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Selain bermanfaat secara estetika, dilansir dari sumber sehatqdotcom, pohon pule juga dikenal sebagai tanaman herbal yang bermanfaat bagi pengobatan tak hanya daunnya saja, tapi bunga, getah dan batang pohon ini juga dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal. Hal ini dikarenakan pohon pule mengandung alkaloid, flavonoid, saponin, dan steroid yang sangat bermanfaat.

Pohon pule juga mengandung senyawa aktif ditamine, echitanine, serta echitamine yang dapat digunakan sebagai alternatif dari kina, yakni tanaman yang digunakan sebagai bahan obat malaria. Kandungan senyawa lainnya yang terdapat pada pohon pule adalah akuammidine (rhazine), pikrinin, strictamine dan tetrahidroalstonin.

Beberapa manfatanya  pohon pule, seperti anti diabetes, anti radang, anti kanker dan memiliki efek analgesik atau meredakan nyeri.

Sebelum melakukan penanaman pohon pule di SDN 6 Purwantoro, Wakil Walikota Malang juga telah menanamkan pohon pule di arela Makam Taman Bahagia, Rabu (3/1/2021). Makam tersebut merupakan areal makam untuk para veteran yang berada satu komplek dengan TPU Mergosono.

Topik
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwokopenghijauan di kota malangpenanaman pohon pule di kota malangBerita Jatim
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru