Ilustrasi Uji Kompetensi Guru (Foto : Fajar.co.id)
Ilustrasi Uji Kompetensi Guru (Foto : Fajar.co.id)

MALANGTIMES - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang telah menetapkan jumlah pasti peserta Uji Kompetensi Guru (UKG) 20-27 November mendatang. Yakni sebanyak 8.830 peserta.

Jumlah ini lebih sedikit dari jumlah yang diperkirakan sebelumnya. "Awalnya terdata 10.522 peserta. Namun, hingga hari terakhir verifikasi Senin (16/11/2015) ini dipastikan hanya 8.830 peserta yang ikut," kata Drs Jianto Msi, Kasi Fungsional Disdik.

Kegagalnya 1.692 peserta untuk mengikuti UKG 2015 berdasarkan verifikasi data dalam dapodik (data pokok pendidikan) milik disdik. Tenaga pendidik yang gagal mengikuti UKG dikarenakan tenaga pendidik tersebut telah dimutasi, tidak aktif atau pensiun, telah meninggal dunia dan masuk dalam golongan Pegawai Tidak Tetap (PTT).

"Banyak sekolah yang tidak melaporkan status tenaga pendidiknya. Ternyata saat diverifikasi sudah tidak menjadi guru atau tidak berkerja di wilayah Kota Malang," ujar Jianto kepada MALANGTIMES dihubungi via telepon, Senin (16/11/2015) sore.

UKG ini akan berlangsung pada tanggal 20-27 November mendatang dan akan dilaksanakan di 20 laboratorium komputer   dari beberapa SMA, SMK dan SMP di Kota Malang. (*)