Dewanti Rumpoko ketika berselfie bersama masyarakat saat berkampanye (Foto : Hilmy / Malangtimes)
Dewanti Rumpoko ketika berselfie bersama masyarakat saat berkampanye (Foto : Hilmy / Malangtimes)

MALANGTIMES - Calon Bupati Malang nomor urut dua, Dewanti Rumpoko mengungkapkan sebagai bentuk kepeduliannya terhadap kesenian tradisional, dia siap membuat festival tahunan demi melestarikan kesenian tradisional. 

"Seni budaya tradisional adalah kekayaan bangsa yang harus dilestarikan dan dikembangkan untuk mendukung pembangunan. Kami akan menggelar festival tahunan atau pertunjukan di gedung yang representatif, sehingga kedudukannya bisa diangkat dan disejajarkan dengan seni budaya modern," ungkap Dewanti Rumpoko ketika kampanye di Tajinan, Kabupaten Malang, Senin (16/11/2015).

Jika seni budaya tradisional bisa dipentaskan secara berkala, menurutnya hal itu akan menjadi daya tarik bagi wisatawan di Kabupaten Malang, sehingga ia akan terus mendorong lestarinya seni tradisional melalui festival seni yang dilaksanakan berkala, setiap tahun.

"Saat saya mendampingi seniman dan budayawan Kota Batu tampil di Eropa, mereka ternyata sangat tertarik dan antusias. Demikian juga saat ada festival Bantengan Nuswantoro dan Seni Sanduk, banyak wisatawan dalam negeri dan mancanegara yang menyaksikan," terang Istri Walikota Batu ini.

Spirit tersebut yang diharapkan oleh Dewanti Rumpoko dapat terwujud sehingga dunia seni di Kabupaten Malang dapat berkembang. (*)