BMKG Sebut Dentuman Misterius Akibat Adanya Thunderstrom

Feb 04, 2021 13:44
Foto ilustrasi
Foto ilustrasi

MALANGTIMES-Warga Malang Raya dihebohkan suara dentuman misterius. Tidak hanya sekali, suara dentuman itu terdengar berkali-kali sejak Rabu (3/2/2021) kemarin.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat menyebutkan dentuman misterius itu berasal akibat adanya Thunderstrom (badai petir).

"Adanya Thunderstrom ini diakibatkan karena cuaca ekstrim," ucap Kepala Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG Pusat, Daryono, Kamis (4/2/2021).

Hal itu dibuktikan melalui peta milik BMKG. Jika dentuman itu diakibatkan karena adanya Thunderstrom. Di peta terlihat Thunderstrom muncul saat jelang tengah malam sekitar pukul 01.00 WIB hingga 04.00 WIB.

"Jadi di peta kita terlihat. Karena cuaca ekstrim petrinya sangat banyak," ujarnya.

Lanjutnya, Thunderstrom pertama muncul sekitar pukul 00.00 WIB dan berada di timur laut d, daerah Bangil. Kemudian berpindah di daerah Lawang dan Malang Raya.

"Kan dentuman itu terjadi tengah malam dengan suasana yang hening. Jadi terdengar jelas dentuman itu," ujarnya.

Ia pun juga belum memastikan apabila nanti malam akan terjadi Thunderstrom lagi atau tidak. Sebab hingga saat ini cuaca hujan cukup tinggi yang menyebabkan adanya petir.

"Kita tidak bisa memastikan. Kemungkinan masih ada dentuman itu. Mengingat cuaca hujan masih ekstrim," ungkapnya.

Daryono juga menerangkan, terjadinya Thunderstrom tidak hanya dilibatkan dari cuaca buruk saja. Namun bisa disebabkan karena bencana alam. Seperti, gunung meletus, longsor besar dan gempa. Di lain sisi juga bisa disebabkan karena bom militer.

"Kejadiannya seperti saat letusan di Gunung Merbabu, dan gempa lainnya," ujarnya.

Maka dari itu, ia mengimbau agar masyarakat tidak terlalu cemas dan takut dengan adanya dentuman tersebut. Hal ini memang faktor alam yang tidak bisa dihindari. Mengingat musim saat ini sangat ekstrim.

"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir. Ini terjadi karena faktor cuaca hujan disertai angin yang ekstrim," ujarnya.

Topik
Suara Dentuman Misteriusdentuman misterius di malangBMKGbadai petirThunderstrom
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru