Sektor Pariwisata Jatim Merosot, Kunjungan Wisatawan asal Malaysia Mendominasi

Feb 03, 2021 22:07
Infografis Perkembangan Pariwisata Jawa Timur (Foto : Badan Pusat Statistika Provinsi Jatim)
Infografis Perkembangan Pariwisata Jawa Timur (Foto : Badan Pusat Statistika Provinsi Jatim)

JATIMTIMES – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur baru saja merilis data mengenai perkembangan pariwisata Jawa Timur pada Senin, (01/02/2021). Dari data yang tercantum pada table BPS, sektor pariwisata Jawa Timur mengalami penurunan yang sangat drastis.

Kunjungan Wisatawan Mancanegara mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, dengan jumlah kunjungan Wisman pada Desember 2020 sebebesar 99,59 persen, sangat jauh perbandingannya dengan jumlah kunjungan Wisman pada periode yang sama tahun 2019 mencapai 20.546 kunjungan.

Kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang tercatat datang melalui pintu masuk Juanda, dari 69 pengunjung pada bulan November 2020, menjadi 85 kunjungan dengan kenaikan sebesar 23,19 persen.

Pada periode Januari - Desember 2020, Wisatawan Mancanegara terbanyak datang dari Malaysia dengan mencapai 10.579 kunjungan. Dengan kontribusinya sebesar 30,25 persen. Kemudian Singapura dengan 3.966 kunjungan, kontribusi sebesar 11,34 persen.

Diikuti kebangsaan Tiongkok sebanyak 2.302 kunjungan, dengan kontribusi sebesar 6,58 persen. Kemudian sisanya ialah kunjungan dari penduduk Indonesia di Luar Negeri (Pendul) yang statusnya WNI.

Penurunan sektor pariwisata Jawa Timur tidak terlepas dari dampaknya pandemi Covid-19, mengingat adanya pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), maupun adanya batasan kerumunan masa di tempat-tempat umum seperti mall, pasar, bandara, bahkan tempat-tempat wisata juga dilarang melakukan aktivitas.

Oleh sebab itu sektor pariwisata di Indonesia, khususnya Jawa Timur maupun daerah-daerah lainnya mengalami penurunan jumlah pengunjung wisatawan macanegara, yang dimana sebagian besar perekonomian Indonesia sangat terbantu dengan adanya sektor pariwisata.

Topik
Berita JatimWisatawan Malaysiawisata jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru