11 Fakta Jeff Bezos, Orang Terkaya di Dunia yang Mundur dari CEO Amazon!

Feb 03, 2021 13:39
Jeff Bezos (Foto: TechCrunch)
Jeff Bezos (Foto: TechCrunch)

INDONESIATIMES- Orang terkaya di dunia Jeff Bezos memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai CEO Amazon. Kabar ini dilansir MalangTIMES melalui akun Instagram @ngalup.com Rabu (3/2/2021).  

Dalam unggahan itu, tertulis "Jeff Bezos Mengundurkan Diri dari CEO Amazon". Pengunduran diri pria yang memiliki kekayaan mencapai USD 196 miliar atau setara dengan Rp 2.749 triliun ini efektif mulai Juli 2021 mendatang. 

Melansir melalui laman Business Insider, sosok Jeff Bezos pun membuat penasaran publik. Hingga akhirnya ditemukan beberapa fakta mengejutkan tentang pria 57 tahun ini. Berikut rangkumannya:  

1. Kekayaan mencapai US$196 miliar

Sudah jelas jika sebagian besar kekayaan Bezos didapatkan dari sahamnya di Amazon, bukan gajinya. Diketahui, tiap tahunnya Bezos bisa menghasilkan uang senilai US$8,9 juta.

2. Menghasilkan US$2.489 per detik

Fantastisnya, Bezos mendapat penghasilan senilai US$2.489 per detik. Dengan penghasilan tersebut, maka Bezos bisa menghasilkan US$149.353 per menit. 

Jika dikalkulasikan ia bisa menghasilkan lebih dari tiga kali lipat penghasilan rata-rata pekerja AS dalam setahun (US$47.000).

3. Tetap mempertahankan peringkatnya sebagai orang terkaya di dunia

Meski telah menceraikan MacKenzie Bezos dan menyerahkan 25 persen saham Amazon ia tetap berhasil mempertahankan statusnya sebagai orang terkaya di dunia.

Diketahui, mantan istri Bezon kini adalah wanita terkaya keempat di dunia, setelah pewaris L'Oreal Francoise Bettencourt Meyers, pewaris Walmart Alice Walton, dan pewaris perusahaan permen Mars Jacqueline Mars.

Sebagai informasi, MacKenzie merupakan salah satu karyawan pertama Amazon dan memiliki kekayaan sebesar US$35,5 miliar.

4. Bezos memiliki kekayaan bersih setara dengan 30 persen dari 100 dana abadi perguruan tinggi AS

Terdapat 3 perguruan tinggi terkaya di AS pada tahun 2018 berdasarkan ukuran dana abadi adalah Universitas Harvard dengan US$38,3 miliar, University of Texas dengan US$30,9 miliar, dan Universitas Yale dengan US$29,4 miliar.

Kekayaan Bezos lebih besar dari gabungan dana abadi ketiga universitas tersebut.

Amazon CFO clarifies what will happen when Jeff Bezos steps down
Foto:  Business - Insider

5. Sangat kaya sehingga Bezos menghabiskan US$1,1 juta

Nilai rata-rata rumah tangga AS rata-rata adalah US$97.300. Jika dihitung, maka US$110 miliar dibagi dengan US$97.300 adalah sekitar US$1,1 juta.

6. Bezos 20 persen lebih kaya daripada keluarga Kerajaan Inggris

Menurut Forbes, keluarga kerajaan Inggris diperkirakan memiliki kekayaan US$88 miliar pada 2017. Melihat itu tentunya sudah jelas jika Benzos lebih kaya dari Kerjaan Inggris. 

7. Harta Bezos setara dengan seluruh produk domestik bruto Slovakia

Sektor jasa di Slovakia menyumbang sekitar 61 persen dari PDB US$109 miliar di negara Eropa tengah.

8. Kekayaan bersih Bezos lebih besar dari gabungan PDB Islandia, Afghanistan, dan Kosta Rika

PDB Islandia sebesar sekitar US$24,5 miliar, Afghanistan sebesar US$19,9 miliar, dan Kosta Rika sebesar US$60,46 miliar. Jika ditotal, hampir mencapai US$105 miliar.

9. Menurut Administrasi Jaminan Sosial, rata-rata pria Amerika dengan gelar sarjana menghasilkan sekitar US$2,2 juta seumur hidupnya. 

Namun, Bezos bisa membuat kekayaan itu tidak sampai 15 menit. Menurut SSA, rata-rata wanita Amerika dengan gelar sarjana akan mendapatkan US$1,3 juta seumur hidupnya. 

Bezos, yang memiliki gelar sarjana dari Universitas Princeton, menghasilkan US$149.353 setiap menit.

Wie bequem darf Einkaufen sein? | profil.at
Foto:  Inc. Magazine

10. Bahkan jika pajak kekayaan moderat telah diterapkan hampir 40 tahun yang lalu, Bezos masih akan menjadi orang Amerika terkaya, dan orang terkaya kedua di dunia.

Akhir 2018, ia memiliki kekayaan senilai US$160 miliar. Jika AS telah memperkenalkan pajak kekayaan moderat pada tahun 1982, saat data Forbes 400 pertama tentang miliarder Amerika diterbitkan, kekayaan bersihnya sekarang menjadi sekitar setengahnya, atau US$86,8 miliar.

Namun bahkan dengan kekayaan hanya US$86,8 miliar, Bezos masih akan menjadi orang Amerika terkaya dan orang terkaya kedua di dunia.

Pajak kekayaan telah menjadi topik hangat di antara kandidat presiden dari Partai Demokrat pada tahun 2019, dengan Bernie Sanders dan Elizabeth Warren menyerukan peningkatan pajak pada orang super kaya.

11. Bezos telah kehilangan lebih banyak uang pada tahun 2019 daripada miliarder lainnya di dunia, tetapi dia masih menjadi yang terkaya di antara mereka.

Sebagai informasi kekayaan Bezos bahkan berhasil mengalahkan konglomerat Warren Buffett, pendiri Microsoft Bill Gates, maupun Jack Ma dari Ali Baba.  Rencananya, posisi Bezos akan digantikan oleh Andy Jassy yang berpengalaman mengurus Amazon Web Services. 

Bezos mengatkan jika saat ini ia akan lebih fokus pada Bezos Earth Fund yang memiliki agenda melindungi planet Bumi. "Saya senang mengumumkan bahwa pada Q3 ini saya akan melakukan transisi menuju Executive Chair of the Amazon Board dan Andy Jassy akan menjadi CEO," ujar Bezos.

Topik
jeff bezosOrang Terkaya di Duniaorang terkaya jeff bezosCEO Amazon

Berita Lainnya

Berita

Terbaru