Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Hijaukan Malang, Pemkot dan TNI Kolaborasi Tanam Pohon di Pemakaman Khusus Para Veteran dan Pahlawan

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

03 - Feb - 2021, 13:07

Komandan Kodim 0833, Letkol Arm Ferdian Primadhona dan juga Wakil Walikota Malang Sofyan Edy Jarwoko saat melakukan penanaman pohon di Makam Taman Bahagia, Makam khusus para veteran (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Komandan Kodim 0833, Letkol Arm Ferdian Primadhona dan juga Wakil Walikota Malang Sofyan Edy Jarwoko saat melakukan penanaman pohon di Makam Taman Bahagia, Makam khusus para veteran (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemerintah Kota Malang berkolaborasi dengan TNI dan organisasi masyarakat (Ormas), melakukan penanaman pohon. Penanaman tersebut dilakukan di Makam Taman Bahagia yang merupakan makam khusus para veteran 45 yang berada dikawasan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Mergosono, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Rabu (3/2/2021).

Penanaman tersebut dilakukan untuk semakin menghijaukan kawasan pemakaman, agar semakin asri dan menjadi paru Kota Malang sebagai penghasil oksigen dan juga menetralisir polusi udara.

Wakil Walikota Malang, Sofyan Edy Jarwoko mengatakan, jika dalam kegiatan karya bakti dan penanaman pohon ini, akan ditanam 100 Pohon Pule dikawasan Makam Taman Bahagia.

Penanaman Pohon Pule, lantaran pohon jenis ini banyak digunakan untuk penghijauan. Karena dedaunannya yang rimbun dan tingginya yang menjulang. Pohon pule atau pulai adalah jenis pohon tropis yang banyak ditemukan di wilayah anak benua India serta Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Pohon Pule ini memiliki aroma bunga yang khas. Selain itu, pohon yang memiliki nama latin Alsthonia scholaris ini memiliki banyak manfaat lainnya bagi kesehatan.

"Hari ini kita bersihkan juga kawasan makamnya dengan penanaman pohon bersama Komandan Kodim yang sekaligus Garnisun, memberikan tempat yang nyaman untuk para pahlawan maupun veteran, ditata, ditanami pohon supaya lebih baik," jelasnya.

Untuk itu, kordinasi terus dilakukan bersama berbagai pihak, baik dari kelurahan maupun dari Kecamatan serta beberapa ormas untuk bersama-sama menjaga upaya penanaman pohon yang telah ditanam.

"Kebetulan juga kan sekarang masih musim hujan, sehingga tentunya kemungkinan pohon hidup semakin tinggi," jelasnya.

Tak hanya ini, nantinya kegiatan penanaman pohon juga akan dilakukan kembali dikawasan Bandulan bersama dengan jajaran Korem 083 Bdj.

Sementara itu, Komandan Kodim 0833, Letkol Arm Ferdian Primadhona menambahkan, jika tentunya penghijauan ini merupakan salah satu upaya menghargai para pahlawan maupun para veteran dengan membuat hijau kawasan pemakaman Makam Taman Bahagia.

"Kita rutin membersihkan Taman Makam Pahlawan (TMP). Termasuk juga untuk membersihkan Makam Taman Bahagia. Kita tanami pohon agar semakin sejuk, tempatnya juga rapi dan indah," pungkasnya.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy