Wali Kota Sutiaji: Penanganan Covid-19 Tak Lagi 5M, tapi 6M

Feb 03, 2021 10:25
Wali Kota Malang Sutiaji. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Penanganan Covid-19 di setiap daerah terus disoroti. Upaya menekan angka penyebaran kasus ini digencarkan pula di Kota Malang. Di samping menggencarkan target sasaran penegakan kedisplinan, yakni menyasar lingkungan permukiman warga hingga tingkat RT dan RW. Masyarakat juga diminta untuk menerapkan 6M.

6M itu yakni, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, menjaga keteraturan makan dan imun.

"Sekarang protokol kesehatan itu bukan lagi 5M, tapi 6M. M terakhir menjaga keteraturan makan dan imun," ungkap Wali Kota Malang Sutiaji.

Hal tersebut, lanjut Sutiaji, kiranya benar-benar harus dijalankan oleh masyarakat lantaran ditemukannya mutasi penyebaran virus Covid-19. Mutasi virus ini disinyalir dapat menginfeksi dan bereplikasi di saluran pencernaan. Apalagi, jika tenaga dari seseorang tersebut terporsir oleh berbagai aktivitas padat, bukan tidak mungkin rentan tertular. Karena daya tahan tubuh atau imunnya menurun.

Sutiaji mengimbau, masyarakat agar tertib menerapkan pola makan yang sehat agar kondisi imunitas tubuh terjaga.

"Maka ayo jaga pola makan, hidupnya tertib, jangan begadang malam. Kalau bisa semua aktivitas pakai media jarak jauh aja, semua pakai online. Karena Covid-19 belum pudar dari kita semua. Jadi jaga diri kita, jaga keluarga kalau itu mampu maka sama halnya kita dengan jaga negara," terangnya.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi mengevaluasi pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di beberapa wilayah Indonesia yang dinilai tak efektif menekan angka penyebaran kasus Covid-19.

Dalam hal ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus menggerakkan operasi dan edukasi masyarakat disiplin menerapkan disiplin Covid-19 di masing-masing wilayah.

"Kita itu terus ya, melalui jalur RT/RW itu. Di kelurahan itu setiap seminggu 3 kali kita melibatkan perangkat daerah setempat. Itu woro-woro (disiplin protokol kesehatan Covid-19). Jadi mohon kesadaran masyarakat," pungkasnya.

Topik
Walikota Malang SutiajiCovid 19 Kota Malangpenerapan 6Mprotokol kesehatan Covid 19berita covid 19 kota malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru