Fasilitasi Pendonor Plasma, Kini Hadir Komunitas Plasmahero di Kota Malang

Feb 02, 2021 20:46
IKegiatan donor darah. (Foto: Istimewa) 
IKegiatan donor darah. (Foto: Istimewa) 

MALANGTIMES - Kini hadir sebuah komunitas untuk para pendonor plasma konvalesen di Kota Malang. Namanya Plasmahero. Komunitas tersebut dibentuk bertujuan untuk mewadahi para pendonor plasma konvalesen bagi pasien covid-19 yang membutuhkan. 

Salah satu tenaga medis RSSA (Rumah Sakit Saiful Anwar) Kota Malang, dr Ariani MKes SpA, yang juga sebagai pendiri komunitas Plasmahero, mengatakan meskipun donor plasma konvalesen bukan merupakan bidang keahliannya, dirinya merasa gelisah setiap adanya informasi kebutuhan donor darah konvalesen. 

"Berkaitan dengan donor plasma ini memang bukan keahlian saya. Namun, setiap kali saya membaca informasi dibutuhkan donor plasma golongan darah ini di RS ini dan lainnya, saya merasa gelisah. Saya merasa terusik. Saya harus bisa melakukan sesuatu," ujarnya kepada pewarta, Selasa (2/2/2021). 

Komunitas Plasmahero yang didirikan oleh Ariani sejak 25 Desember 2020 akan berfokus kepada para penyintas pasien covid-19. Sebab, jika bukan merupakan seorang penyintas pasien Covid-19 tidak dapat melakukan donor plasma konvalesen. 

Saat pendirian komunitas Plasmahero, Ariani masih harus mencari berbagai macam literasi dan informasi dari tenaga medis yang ahli di bidang donor plasma konvalesen. Akhirnya setelah melalui pencarian melalui literasi dan informaisi, Ariani mendirikan komunitas Plasmahero. 

"Saya coba tanya ke teman RS lain. Yernyata memang belum ada komunitasnya. Kalau memang belum ada kenapa enggak saya buat ya supaya memudahkan. Kita mengumpulkan lah para pentintas yang memang mau untuk berdonor," jelas dokter spesialis anak ini. 

Seiring berjalannya waktu, meskipun masih terbilang baru, komunitas Plasmahero perlahan mulai dikenal secara luas antarkomunitas di Kota Malang melalui berbagai perangkat media sosial. Ternyata di luar ekspektasi, jumlah pemohon pun hingga ke seluruh daerah di Indonesia.  

"Plasmahero menyediakan ruang bagi penyintas covid-19 yang mau berdonor. Penyintas yang bersedia mendonor akan didata untuk diarahkan pada pemohon," ujarnya. 

Lebih lanjut terkait jumlahnya sendiri, untuk pemohon donor plasma konvalesen lebih besar daripada jumlah penyintas yang akan mendonorkan plasma konvalesen. Dikatakan Ariani bahwa total pemohon donor konvalesen yang terdaftar di Plasmahero hingga sampai saat ini mencapai 280 orang yang mayoritas berada di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). 

"Tidak semua penyintas mau berdonor. Data penyintas Covid di Indonesia ada sekitar 750 ribu lebih. Sedangkan sampai sekarang di data base kita masih 320 orang yang mau donor. Jadi nggak semua penyintas mau berdonor," sebutnya. 

 Ariani juga terus mengingatkan khususnya kepada para penyintas pasien covid-19, bahwa donor plasma konvalesen sangat berharga bagi para pasien covid-19 yang sedang dirawat. 

"Jika Anda penyintas covid-19, plasma darah Anda itu sangat berharga dan dapat membantu menyembuhkan pasien yang sedang berjuang untuk sembuh," pungkasnya.

Topik
Plasmahero

Berita Lainnya

Berita

Terbaru