Baru Terealisasi 2.900 Nakes, Vaksinasi Covid-19 Prioritas Pertama Diprediksi Molor

Feb 02, 2021 18:48
Kadinkes Kabupaten Malang Arbani Mukti Wibowo (pakai batik) saat melaksanakan pencanangan vaksinasi covid-19, Sabtu (30/1/2021). (Foto: Ashaq Lupito/JatimTIMES)
Kadinkes Kabupaten Malang Arbani Mukti Wibowo (pakai batik) saat melaksanakan pencanangan vaksinasi covid-19, Sabtu (30/1/2021). (Foto: Ashaq Lupito/JatimTIMES)

MALANGTIMES - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Malang Arbani Mukti Wibowo mengonfirmasi hingga hari ini (Selasa 2/2/2021) tenaga kesehatan (nakes) yang telah menerima vaksinasi covid-19 baru ada sekitar 2.900 orang.

”Sampai siang tadi, saya lihat (data) sudah kurang lebih 2.900 orang nakes (yang telah disuntik vaksin covid-19),” ungkapnya saat ditemui media online ini di Anusapati, Pringgitan Pendapa Agung Kabupaten Malang, Selasa (2/2/2021).

Menurut Arbani, ribuan nakes yang telah menerima vaksin covid-19 tersebut tidak hanya dari tenaga medis. Beberapa di antaranya yang telah menjalani vaksinasi,berasal dari mereka yang bukan merupakan petugas medis.

”Nakes di situ bukan hanya nakes dari para dokter, perawat, hingga bidan. Tapi juga termasuk petugas administrasi. Jadi, non-medis juga,” jelasnya.

Di Kabupaten Malang, jumlah nakes yang masuk dalam prioritas vaksinasi tahap pertama ini tercatat ada 7.762 orang. ”Sasaran (nakes) yang ada yaitu sejumlah 7.762. itu merupakam hasil dari data KPCPEN (Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional),” imbuhnya.

Sejatinya, jika mengacu pada target awal yang dipatok oleh Dinkes Kabupaten Malang, capaian sebanyak 2.900 nakes yang telah divaksin tersebut masih jauh dari ekspektasi. Pasalnya, dalam pernyataan sebelumnya, Arbani memaparkan target penyuntikan pertama vaksinasi terhadap 7.762 nakes tersebut diharapkan mampu dirampungkan pada Rabu (3/2/2021). Karena itu, vaksinasi untuk nakes ini kemungkinan besar molor dari tenggat waktu yang telah dicanangkan.

”Jadi, karena kami kemarin pada saat pencanangan terlambat, jadi jika dibandingkan dengan Kabupaten dan kota lainnya, kami (Kabupaten Malang) persentasenya masih kurang, masih kalah-lah,” ujarnya.

Namun, Arbani optimistis target penyuntikan perdana yang diprioritaskan kepada para nakes tersebut bakal terealisasi maksimal di akhir minggu ini. ”Jadi, harapan kami dengan target itu (7.762) bisa kami penuhi di akhir minggu ini. Insya Allah Jumat (5/2/2021) penyuntikan pertama terhadap nakes bisa selesai 100 persen,” ungkapnya.

Untuk diketahui, jika dibandingkan dengan wilayah pemerintah daerah (pemda) yang ada di Malang Raya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang memang terlambat saat pelaksanaan pencanangan vaksinasi covid-19.

Kota Malang dan Kota Batu serentak melakukan pencanangan vaksinasi covid-19 pada Kamis (28/1/2021). Sedangkan di Kabupaten Malang, pencanangan vaksinasi covid-19 baru dilakukan 2 hari kemudian, yakni Sabtu (30/1/2021).

 

Topik
Vaksinasi Covid 19Nakes Kabupaten MalangDinkes Kabupaten MalangPemerintah Kabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru