Sariawan Jadi Salah Satu Gejala Covid -19, Begini Ciri-cirinya

Feb 02, 2021 14:37
Foto istimewa: cuitan akun Twitter Ahli penyakit, Profesor Zubairi Djoerban
Foto istimewa: cuitan akun Twitter Ahli penyakit, Profesor Zubairi Djoerban

INDONESIATIMES - Beberapa pasien yang terpapar Covid-19 memiliki gejala berupa sariawan. Namun sariawan tersebut bisa dibedakan dengan sariawan biasa.

Ahli penyakit, Profesor Zubairi Djoerban dalam cuitan twitternya mengatakan, ada gejala baru Covid-19 yang menyerupai sariwan. Ia pun kemudian menjelaskan perbedaan dengan penderita sariawan biasa.

"Pertama, sariawan itu memang salah satu gejala Covid-19. Tapi, gejala ini ditemukan pada sedikit pasien. Sekitar 6-7 persen. Secara umum, gejala Covid-19 pada mulut itu sebanyak 20-25 persen," ujarnya dalam tweet bulan lalu (31/1/2021).

Dalam hal ini ia mengungkapkan, tidak semua orang yang mengalami sariawan pasti sudah terpapar Covid-19. Menurutnya, gelaja baru Covid-19 melalui sariawan ini akan mengalami diare, panas tinggi, batuk kering, gejala peradangan pada mata, dan kehilangan penciuman.

"Jika mengalami sariawan dan tidak disertai berbagai gejala itu, ya tidak bisa dikatakan covid-19," ujarnya.

"Kalau cuma sariawan yang dikeluhkan, kemungkinannya banyak banget. Pasien Lupus pun sering sariawan. Demikian pula orang yang terlalu lama minum antibiotik, orang dengan HIV/AIDS, tergigit saat makan, kekurangan vitamin C dan penyebab sariawan lainnya," imbuhnya.

Lanjutnya, gejala Covid-19 yang paling kerap muncul dan paling serius yakni gejala demam panas lebih dari 37,5 derajat. Kedua, batuk kering. Kemudian yang ketiga adalah rasa lelah yang tak berkesudahan.

"Gejala serius yang paling sering ditemui adalah gejala sesak napas, rasa nyeri dada, rasa tertekan di dada, tidak bisa bicara, dan bangun dari tidur susah atau bahkan duduk saja sukar," tandasnya.
 

 

Topik
penyakit sariawangejala Covid 19sariawan gejala covid 19ciri ciri sariawan gejala covid 19Prof Zubairi Djoerban
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru