Tahap Pertama, 6.991 Nakes Kota Malang Telah Divaksin

Feb 02, 2021 09:56
Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Sri Winarni. (Ahmad Amin/MalangTIMES).
Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Sri Winarni. (Ahmad Amin/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pelaksanaan vaksinasi di Kota Malang telah berjalan selama hampir sepekan. Sejak dimulai pada Kamis (28/1/2021) lalu, vaksin Covid-19 yang menyasar kepada prioritas pertama Tenaga Kesehatan (Nakes) sudah sebanyak 6.991.

Dari jumlah tersebut, artinya sudah sekitar 57,94 persen nakes yang sudah menerima vaksin dari total nakes yang terdata sebanyak 12.521.

Baca Juga : Viral Video Wilalung Ambrol, Warga Kecamatan Gajah Cemas Minta Doa

 

Plt Kepala Dinkes Kota Malang Sri Winarni mengatakan proses vaksinasi terhadap para nakes dilakukan secara bertahap. Pelaksanaan itu dipastikan setiap harinya dilakukan di lingkungan-lingkungan puskesmas di Kota Malang.

"Per tanggal 1 Februari sudah 6.991 Nakes yang menerima vaksin. Pelaksanaan setiap puskesmas, dan kita fasilitasi 5 vaksinator. Tapi tetap bertahap agar tidak menumpuk di satu hari," ujarnya.

Sementara, hingga saat ini jumlah dosis vaksin yang diterima Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur sebanyak 24.320. Jumlah ini masih kurang 722 dosis vaksin untuk pemenuhan kebutuhan vaksinasi tahap pertama.

Di samping itu, jumlah vaksinator di Kota Malang juga terus diupayakan untuk ditambah. Jumlahnya akan disesuaikan, mengingat ada 84 Fasyankes (Fasilitas Layanan Kesehatan) yang melayani vaksinasi Covid-19, terdiri dari 16 Puskesmas, 25 Rumah Sakit, dan 43 Klinik.

Baca Juga : Fakta Terbaru Kasus Carok di Kabupaten Malang

 

Di 16 Puskesmas di Kota Malang, masing-masing disediakan 5 vaksinator. Kemudian, di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang telah siap 10 vaksinator. Sisa untuk rumah sakit dan klinik lainnya, hingga saat ini masih berproses dengan dilakukannya On Job Training (OJT) vaksinator.

"Kita butuh sebanyak-banyaknya vaksinator untuk dilatih di Dinkes. Agar nanti bisa bergantian saat bertugas," terangnya.

Topik
vaksinasi kota malangnakes yang divaksin di kota malangDinas Kesehatan kota malangjadwal vaksinasi kota malangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru