Terjadi Lagi Awan Panas Guguran Semeru Sejauh 5 KM dari Puncak

Feb 02, 2021 09:18
Penampakan gunung Semeru yang tertutup asap tebal dari awan panas guguran (Foto : BPBD Lumajang / Jatim TIMES)
Penampakan gunung Semeru yang tertutup asap tebal dari awan panas guguran (Foto : BPBD Lumajang / Jatim TIMES)

LUMAJANGTIMES - Pagi ini, Selasa (2/2) terjadi lagi Awan Panas Guguran (APG) sejauh 4,5 sampai 5 Kilometer dari puncak Semeru. Akibat APG ini Gunung Semetu tertutup kabut asap dari APG tersebut.

Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, pagi ini juga meminta kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang untuk melakukan asessment di wilayah sekitar Gunung Semeru.

Baca Juga : Viral Video Wilalung Ambrol, Warga Kecamatan Gajah Cemas Minta Doa

"Pagi ini saya mendapatkan laporan dari BPBD Lumajang bahwa telah terjadi Awan Panas Guguran (APG) dari Gunung Semeru yang jarak luncurnya mencapai 4,5 sampai 5 KM dari puncak sekitar pukul 06.30 pagi ini," kata Bupati Lumajang.

Diperoleh laporan, karena terjadinya APG ini pada pagi hari, maka sudah banyak warga yang beraktivitas di sawah dan ladang di sekitar Semeru, dan mereka dengan cepat segera meninggalkan ladang dan kembali ke rumah masing-masing.

"Ada laporan yang menyebutkan ada warga yang sudah bekerja di ladang saat terjadi awan guguran ini, dan mereka langsung meningggalkan ladang, pulang ke rumah masing-masing. Namun secara umum tidak ada laporan yang mengkhawatirkan akibat awan panas guguran ini," jelas Bupati Lumajang kemudian.

Karena dibawa angin, ada kemungkinan awan panas guguran ini akan mengakibatkan hujan debu vulkanik di sejumlah desa seperti di Penanggal Kecamatan Candipuro dan sebagian desa di Kecamatan Pasrujambe.

Baca Juga : Kabupaten Malang Bagian Barat Jadi Wilayah Terparah Kena Bencana

"Saya bersama Forkopimda akan terus memantau perkembangan yang ada," tegasnya kemudian.

Sementara dari BPBD Lumajang diperoleh informasi, bahwa akibat APG ini dihimbau kepada masyarakat untuk tidak beraktivitas pada jarak 1 Kilometer dari puncak Semeru dan 4 Kilometer dari awah bukaan bawah sekitar Curah Kobo'an.

Topik
awan panas guguranawan panas gunung semeruBPBD LumajangBupati LumajangH. Thoriqul Haq

Berita Lainnya

Berita

Terbaru