Nakes Mulai Jalani Vaksinasi, Pemkab Malang Percepat Herd Immunity

Feb 01, 2021 19:06
Kadinkes Kabupaten Malang Arbani Mukti Wibowo saat memaparkan upaya percepatan herd immunity. (Foto : Ashaq Lupito/JatimTIMES)
Kadinkes Kabupaten Malang Arbani Mukti Wibowo saat memaparkan upaya percepatan herd immunity. (Foto : Ashaq Lupito/JatimTIMES)

MALANGTIMES - Tenaga Kesehatan (nakes) di Kabupaten Malang mulai menjalani vaksinasi Covid-19 secara serentak Senin, (1/2/2021). Salah satu garda terdepan penanggulangan Covid-19 ini, menjalani vaksinasi di 58 fasilitas kesehatan (faskes) yang telah disiapkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang.

”Kami imbau semua faskes yang sekarang jadi vaksinator, diharapkan dalam jangka waktu 2 minggu semua nakes sudah dilaksanakan vaksinasi 2 kali penyuntikan,” terang Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Malang Arbani Mukti Wibowo.

Baca Juga : Menolak Divaksin, Akses Publik Akan Dibatasi

Untuk diketahui, prioritas pertama vaksinasi yang menyasar para nakes ini tercatat ada 7.700 orang. Di mana, dalam proses vaksinasi dilakukan 2 kali penyuntikan. Suntikan pertama ditarget selesai pada Rabu (3/1/2021) mendatang. Sedangkan untuk vaksinasi atau penyuntikan kedua, dilakukan 2 minggu setelahnya.

”Jadi untuk itu kami minta pada vaksinator di faskes ini, untuk bisa sesegera mungkin mencapai target nasional. Yaitu 100 persen nakes tervaksinasi dalam tahap pertama,” tegasnya.

Seperti dalam pemberitaan sebelumnya, guna mewujudkan herd immunity setidaknya 1.350.398 penduduk di Kabupaten Malang diproyeksikan menerima vaksin Covid-19.

Rinciannya, dari nakes yang diproyeksikan menerima vaksin berjumlah 8.075 orang. Kemudian, untuk prioritas ke-2 yang diperuntukkan bagi pelayan publik mulai dari anggota TNI, Polri, Guru, dan petugas Pemadam Kebakaran berjumlah 67.419 orang.

Sedangkan, untuk prioritas ke-3 yang menyasar masyarakat kategori rentan terpapar Covid-19 sejumlah 556.417 orang, dan pelaku ekonomi sejumlah 440.242 orang.

Lanjut, untuk prioritas ke-4, vaksin Covid-19 ditujukan bagi masyarakat umum dalam rentang usia antara 18 hingga 59 tahun, yang jika dijumlahkan mencapai 278.245 orang.

”Untuk mempercepat target sasaran kita yaitu 1,3 juta penduduk, kami akan melakukan pengembangan lagi. Kalau yang selama ini ada faskes dalam 1 minggu hanya melaksanakan vaksinasi 1 sesi, nanti akan kami dorong supaya mereka bisa melaksanakan 6 sesi dalam 1 minggu. Jadi 6 hari berturut turut,” lugasnya.

Baca Juga : Selama Januari 2021, 49 Bencana Terjadi di Kabupaten Malang

Sekedar diketahui, dalam 1 sesi vaksinasi ini, jika di rata-rata bisa melakukan paling sedikit terhadap 20 orang. ”Intinya akan kami upayakan masa vaksinasi atau jam pelaksanaan vaksinasi akan ditambah di setiap faskes-nya. Kalau awalnya 1 sesi dalam seminggu, kami akan tambah setiap hari ada 1 sesi. Jadi harapan kami dengan target 1,3 juta ini bisa selesai dalam 1 tahun,” jelasnya.

Selain mendorong ke-58 faskes yang telah ditunjuk dan menjalani pelatihan beberapa waktu lalu, Dinkes Kabupaten Malang juga berencana mengandeng klinik kesehatan di Kabupaten Malang, untuk membantu mensukseskan program vaksinasi ini.

”Selain itu kami juga akan melaksanakan on job training (pelatihan kerja, red) bagi klinik swasta yang secara sarana prasarana memadai sesuai dengan standart,” ungkapnya.

Nantinya, dari hasil pelatihan kerja itulah, Dinkes Kabupaten Malang akan menentukan klinik kesehatan mana saja yang bisa dilibatkan dalam vaksinasi Covid-19. ”Bagi klinik swasta dengan catatan dari hasil on job training bagus, maka juga akan kami siapkan sebagai vaksinator,” tandasnya.

 

Topik
Berita Malangherd immunityDinas Kesehatan Kabupaten Malangvaksin sinovac
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru