MALANGTIMES - Kesurupan massal kembali menyerang SMK PGRI 3 Malang, Senin (16/11/2015) pagi tadi. Sekitar 3 jam sebanyak lebih 10 siswa terserang secara bersamaan. 

Kepala Sekolah PGRI 3, Muhammad Lukman mengatakan kesurupan ini dipicu oleh rasa ketakutan siswa yang berlebihan, sehingga secara tidak langsung alam bawah sadarnya tidak terkontrol lagi.

Namun saat salah satu siswa kesurupan, Lukman sempat menanyakan alasan jin memasuki tubuh siswanya. "Katanya Jin tersebut marah karena diganggu oleh jin lainnya," kata Lukman.

Kebanyakan, siswa yang terserang kesurupan ini adalah pemain jaranan atau kuda lumping, sehingga menurut Lukman Jin yang masuk tubuh siswa adalah jin bawaan dari siswa itu sendiri atau jin yang telah ditanamkan dari orang tua siswa. 

"Memang jin yang masuk ini seperti ingin melindungi atau memprotect siswa. Soalnya jin itu bilang diganggu oleh jin lain. Sehingga mereka(jin) ingin menunjukan juga kekuatannya," ujar Lukman.

Karena kejadian ini pihak sekolah sepakat untuk meliburkan siswa Selasa (17/11/2015) besok. "Kita memikirkan psikis siswa yang tekena ataupun yang tidak terkena. Tapi untuk siswa yang rentang, kita kasih dispensasi hingga seminggu," tambahnya.

Lukman mengkhawatirkan jika siswa yang rentan kesurupan masuk sekolah lebih cepat, akan mudah kesurupan lagi dan menimbulkan ketakutan di siswa lain. "Mending siswa istirahat dulu, sedangkan pihak sekolah akan berusaha mengkondusifkan keadaan sekolah," tutupnya. (*)